ITS News

Jumat, 19 April 2024
11 Desember 2018, 13:12

ITS-Jawa Pos Sepakati Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Oleh : itsmis | | Source : -

Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD bersama Pemimpin Redaksi Jawa Pos Abdul Rokhim telah sepakat dengan MoU yang ditandatangani

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama Perseroan Terbatas (PT) Jawa Pos Koran sepakat jajaki kerja sama lewat sebuah Memorandum of Understanding (MoU). Penandatanganan nota kesepahaman ini menyangkut beberapa hal, salah satunya ialah tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Menurut Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MScES PhD, saat ini diperlukan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Joni juga berkata bahwa banyak fenomena yang saat ini terjadi akibat adanya perubahan pada masyarakat yang menjadi lebih pintar. “Oleh karena itu, perlu ada identifikasi yang dilakukan oleh kami (ITS dan Jawa Pos, red) yang akan menjadi penentu kebijakan yang akan kami lakukan,” ungkap Dosen Teknik Lingkungan ini.

Joni menambahkan, manfaat dari kerja sama ini akan terasa oleh masyarakat umum. Karena informasi (yang akan disajikan, red) menyangkut kepentingan segala lapisan masyarakat. Lebih lanjut, ITS nantinya akan berperan sebagai surveyor (yang melakukan survei, red) sekaligus penganalisis data. “Kemudian Jawa Pos akan mengolahnya sebagai informasi yang cocok untuk disebarkan oleh media ke masyarakat,” terang Joni.

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD menandatangani MoU bersama Abdul Rokhim SSi, Pemimpin Redaksi Jawa Pos

Terkait realisasinya, Joni mengatakan, masih akan menunggu dari kesepakatan selanjutnya. “Apakah nantinya akan setiap hari, setiap minggu, atau frekuensi waktu lain, mengingat informasi yang tidak ada habisnya untuk diolah,” ujar Joni. Sementara ini, pihak dari ITS yang terlibat hanya dari Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data (FMKSD) saja. Namun, kedepannya diharapkan mahasiswa dari fakultas lain juga dapat turut serta.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Jawa Pos Abdul Rokhim SSi mengungkapkan bahwa mereka (Jawa Pos, red) bertanggung jawab menjadi media publikasi seperti kegiatan, produk jurnal, serta tulisan suara mahasiswa. Jawa Pos memilih ITS untuk bekerja sama lantaran teknologi dan inovasi yang menjadi kompetensi ITS. “Jadi semua itu sudah ada ranahnya dan ranah ITS itu yang ingin kami publikasikan,” pungkas alumnus Departemen Statistika ITS tersebut. (dik/owi)

ITS bersama Jawa Pos berfoto bersama setelah menandatangani MoU di Ruang Rektor, Gedung Rektorat ITS

Berita Terkait