ITS News

Jumat, 19 April 2024
05 Juli 2020, 17:07

Hari Pertama UTBK 2020, ITS Utamakan Keamanan dan Keselamatan Peserta

Oleh : itsmis | | Source : -

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari (kiri) ditemani Wakil Rektor I ITS Prof Adi Soeprijanto (kanan) saat meninjau langsung pelaksanaan UTBK di ITS

Kampus ITS, ITS News – Hari pertama pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), terpantau berlangsung sesuai dengan protokol kesehatan. Sejak Minggu (5/7) pagi, beberapa titik checkpoint telah dipadati peserta UTBK yang mengantre lengkap menggunakan masker serta face shield untuk melakukan pengecekan berkas hasil rapid test sesuai kebiijakan Wali Kota Surabaya.

Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS memaparkan bahwa ITS melayani 875 peserta di tiap sesi yang berarti ada 1.750 total jumlah peserta yang mengikuti UTBK di kampus ITS tiap harinya. Jumlah tersebut belum termasuk 120 peserta yang mengikuti UTBK di kampus IT Telkom Surabaya dan peserta yang mengikuti di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) serta Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS).

Di balik berbagai persiapan yang telah diusahakan dengan optimal, Adi mengaku tetap menemui kendala dari sisi peserta. Menurutnya, dari sisi akademik hingga pengawasan sudah aman dan tidak ada kendala. “Tapi yang mengagetkan adalah karena adanya tambahan peserta yang mendadak, waktunya juga mepet sekali,” ungkapnya.

Diceritakannya, tambahan peserta ini berasal dari peserta yang mendaftar di pusat UTBK Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Namun karena beberapa alasan tertentu, Unesa tidak siap sehingga lebih dari 18.000 peserta yang seharusnya mengikuti UTBK di sana dibebankan pada ITS dan Universitas Airlangga (Unair). “Lebih dari 18.000 peserta itu jika dibagi dua, maka ITS dan Unair masing-masing ketambahan lebih dari 9.000 peserta,” katanya.

Salah satu peserta UTBK yang diperiksa kelengkapan dokumen dan suhu badan di check point UTBK ITS

Meskipun sempat pontang-panting, Adi memaparkan bahwa berbagai fasilitas dan protokol kesehatan juga telah ditambah oleh ITS demi keamanan dan keselamatan peserta UTBK. Salah satunya adalah dengan tersedianya rapid test on the spot untuk peserta pemilik Kartu Indonesia Pintar – Kuliah (KIP-K), bidikmisi, hingga siapapun yang tidak mampu.

“Hingga saat ini (5/7), telah terdaftar ada 2.744 peserta yang melakukan rapid test di ITS. Mereka yang terdaftar tersebut berasal baik dari Surabaya, luar Surabaya, hingga luar Jawa Timur,” sebutnya.

Adi menambahkan bahwa ada 671 peserta terdaftar dari jumlah keseluruhan yang berasal dari Kota Surabaya. Jumlah tersebut terhitung lebih sedikit jika dibandingkan dengan peserta terdaftar yang berasal dari luar Surabaya.

Lebih lanjut, Adi menuturkan bahwa ITS pun mencari dukungan baik dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, CSR Unair, hingga alumni ITS dalam pengadaan rapid test ini. Terhitung ITS mendapat 15.000 kit rapid test dari Pemkot Surabaya dan 2.500 kit dari Pemprov Jatim bagi peserta yang ber-KTP Surabaya dan Jatim. Sementara itu, ITS juga mendapat tambahan 600 kit dari alumni, serta 50 kit dari CSR Unair bagi peserta tidak mampu di luar Jatim. Jumlah kit rapid test yang diterima ITS tersebut diperkirakan dapat bertambah.

Suasana pelaksanaan UTBK hari pertama di ITS

Sebelumnya telah diberitakan bahwa ITS hanya memberikan layanan gratis rapid test untuk peserta UTBK gelombang satu pemegang KIP-K yang ber-KTP Jatim, selain Surabaya. Namun dengan beberapa tambahan bantuan tersebut, kriteria peserta yang terbantu rapid test gratis ini bertambah luas, tidak hanya untuk yang ber-KTP Jatim.

Hal ini selaras dengan pernyataan dari Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari M Eng. Rektor yang kerap disapa Ashari ini dengan tegas menyatakan bahwa ITS mengerahkan segala usaha yang ada guna menyukseskan keberlangsungan UTBK yang aman dan nyaman bagi peserta. “ITS tidak tinggal diam. Ada syarat rapid test itu kita patuhi dan kita carikan solusinya,” tegasnya.

Sementara itu, imbuhnya, untuk peserta yang hasil rapid test-nya reaktif akan dialihkan untuk mengikuti UTBK di tahap selanjutnya sembari beristirahat dan melakukan isolasi mandiri.
Selain pengadaan rapid test, Ashari turut menyebutkan adanya sterilisasi berkala pada perangkat dan seluruh fasilitas yang digunakan peserta. “Setiap selesai satu sesi, seluruhnya disterilkan. Ada jeda waktu kurang lebih dua jam tiap pergantian sesi yang digunakan untuk sterilisasi,” ungkapnya.

Akibat berlangsungnya UTBK di tengah situasi yang tidak biasa ini, Ashari menambahkan bahwa ITS turut menambah dana di luar dari bantuan yang telah ada untuk mempersiapkan segala protokol kesehatan yang ada bagi semua pihak, baik peserta maupun panitia. Hal ini, sekali lagi membuktikan bahwa ITS tidak main-main dan serius dalam menyikapi keberlangsungan UTBK.

Suasana pelaksanaan UTBK hari pertama di ITS

Guru Besar Teknik Elektro ini berharap agar UTBK tahun ini dapat terlaksana dengan lancar. Menurutnya, peserta tidak perlu merasa terganggu dengan berlangsungnya UTBK di tengah situasi New Normal ini. “Tetap konsentrasi, karena itu esensi yang lebih penting,” pesannya pada peserta UTBK.

Selain itu, Ashari memersilakan bagi siapapun yang hendak melakukan rapid test di ITS. “Semoga ini membantu peserta, agar UTBK sukses dan mereka (peserta UTBK, red) dapat meraih cita-cita,” tutupnya. (ra/HUMAS ITS)

Berita Terkait