ITS News

Senin, 22 Desember 2025
08 Maret 2010, 12:03

KreAng, Awalnya Hanya Ingin Dapat Kaos

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

AIMA adalah sebuah kompetisi ide pemasaran yang merupakan kerja sama vendor komputer lokal Axioo dengan Intel dan diikuti 200 mahasiswa se-Indonesia. Setiap tim diwajibkan untuk membuat ide dan strategi marketing yang tidak biasa dan mampu merealisasikan ide tersebut ke dalam bentuk sales activity. Dari kompetisi ini nantinya diharapkan akan lahir calon Marketer handal yang akan mengubah wajah industri dengan berbagai ide inovatif.

Terbagi menjadi empat kategori yaitu Best of The Best, Best Idea, Best Sales Performance, dan Most Voted Team, KreAng bersaing ketat di tingkat regional Surabaya-Denpasar untuk  memperebutkan tiket final ke Jakarta. Tim dari ITS ini berhasil meraih kategori The Best of The Best saat kompetisi regional yang berlangsung di Tunjungan Plasa Surabaya, Jumat (22/01).

Cerita menariknya, keinginan awal mendapatkan kaos ternyata membuahkan juara “Awalnya memang hanya pengen dapat kaos, lumayan karena pendaftarannya gratis,” ungkap mahasiswa yang kerap disapa Fauzan ini. Tak disangka, tim yang beranggotakan tiga mahasiswa Elektro angkatan 2006 ini memantapkan langkahnya menuju babak final. Mereka menjadi bagian dari sepuluh tim yang lolos seleksi di tingkat regional dan memaparkan konsep pemasarannya di hadapan para juri saat malam final.

Bermodalkan sebuah proposal berjudul Branding by Network, mereka menawarkan empat metode pemasaran Axioo. Terdiri dari tiga metode offline yakni Axioo Masuk Sekolah, PC for Village dan Axioo in University, serta satu metode online bernama Online Axilink Press.

Menjadi sangat mengejutkan di malam final ketika salah satu juri menilai ide mereka belum out of the box. “Sempat down juga waktu itu, tapi untunglah kami bisa mengatasi,” ungkap Fauzan. KreAng pun memaparkan senjata pamugkas mereka terkait dengan strategi pemasaran, Axioo in University. Yakni sebuah konsep yang telah mereka realisasikan seminggu setelah perlombaan.

Keunikan ide dalam memasarkan produk Axioo, mengantarkan KreAng memenangkan kategori The Best Idea tingkat nasional. Hadiah berupa piala  dan uang senilai 85 juta rupiah serta tiga notebook pun berhasil dibawa pulang. Tak heran jika KreAng menang dalam ajang tersebut. Selain karena kompetensinya, sesuai filosofi namanya pula, “KreAng berarti Kreatif dan menang,” terang Fauzan.

Sales Now, Entrepreneur Tomorrow

Sales now, entrepreneur tomorrow, sebuah slogan yang menjadi andalan KreAng bukan tanpa bukti. Berawal dari kompetisi AIMA, laboratorium Jaringan Telekomunikasi Elektro ITS, kini berfungsi ganda. Tidak lagi sebagai laboratorium tapi juga sebagai lahan mengembangkan jiwa entrepreneur.

Sebuah CV didirikan sejak ketiga mahasiswa yang tengah sibuk mengerjakan tugas akhir ini melaju ke babak final kompetisi AIMA. Dengan konsep memotong distribusi antara dealer dengan user, mereka memberdayakan siswa SMK yang sedang magang untuk diberi pelatihan. Barulah kemudian, para siswa SMK ini nantinya akan terjun langsung menangani masalah service produk Axioo. “Rencana ke depan, kami berniat merapikan CV ini secara management, ” ungkap Fauzan.

“Kami sangat bangga, karena bisa membawa nama ITS di kancah nasional. Mengikuti ajang ini sekaligus membuktikan bahwa orang teknik pun juga bisa terjun di bidang marketing, ” imbuh Fauzan di akhir pembicaraan. (fi/fn)

Berita Terkait