ITS News

Jumat, 19 Desember 2025
07 Februari 2015, 12:02

1001 IDE Gelar Workhsop Pop Up

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam pelaksanaannya, turut hadir Dan Besta Nusantara dan Sakinah Hutami Putri sebagai pemateri yang juga pendiri perusahaan sekaligus alumnus Jurusan Desain Produk Industri ITS. Setidaknya, mereka mengajarkan hal-hal apa saja yang telah mereka lakoni selama ini. "Selain diajarkan mengenai pembuatan pop up, peserta workshop pun diajarkan untuk membuat secara langsung pop up tersebut," jelas Jessica Carmeline, ketua pameran.

"Basic pembuatan pop up sendiri adalah  seni melipat kertas berbentuk tiga dimensi, dengan view bagus dan menarik," ujar Besta yang juga Alumni ITS angkatan 2006 ini.  Dalam perusahaanya, Besta menjelaskan terdapat beberapa proses dalam pembuatan pop up. Yakni  percetakan gambar yang akan dibuat pop up dan pemotongan pop up serta diakhiri dengan perakitan pop up itu sendiri.

"Seni pembuatan pop up sendiri dapat diimplementasikan dalam pembuatan kartu ucapan, buku, undangan pernikahan, pigura, undangan ulang tahun, dan lain-lain" ujarnya. Dalam pembuatan satu pop up sendiri, Besta menuturkan dibutuhkan waktu setidaknya dua hingga tiga hari lamanya.

Di akhir, ia mengatakan sebuah  pop up bisa dibanderol dengan harga Rp 150 ribu saja. Sehingga tak heran jika ia memiliki omzet mencapai Rp 40-50 juta setiap bulannya meski hanya beroperasi di lingkungan Kota Surabaya. ”Adapun dalam menjalankan perusahaannya ia dibantu dengan lima karyawan dan lima tim inti,” jelasnya. Ia meyakini perusahaannya mampu membuat pop up dalam jumlah banyak dan cepat hanya dalam kurun waktu satu bulan saja. Menurutnya, memiliki basic sebagai desainer menguntungkannya dalam menarik pelanggan dengan gambar grafis yang menarik. (ila/man)

Berita Terkait