ITS News

Sabtu, 20 Desember 2025
11 April 2013, 11:04

Belajar Network Company dari PT Pos

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tak tanggung-tanggung, kuliah tamu bertajuk Era Konektivitas Logistik Indonesia ini menghadirkan langsung Direktur Utama (Dirut) PT Pos Indonesia, I Ketut Mardjana PhD. Di bawah kepemimpinan pria asal Bangli, Bali ini, PT Pos Indonesia kembali berjaya.

Mardjana mengatakan, langkah pertama yang dilakukannya adalah mengubah konsep dan motto perusahaan. Konsep yang semula adalah portal company diubah menjadi network company. Begitu juga dengan motto dari Untuk Anda Kami Ada menjadi On Time Every Time.

Setidaknya Mardjana mengintegrasikan tiga aspek penting yaitu spirit entrepreneurship, leadership transformation, dan business owner mentally untuk melandasi perubahan tersebut. Sebagai implementasi dari semua itu, ia  melakukan beberapa usaha akselerasi demi kemajuan perusahaan.

Di antaranya, melakukan joint venture dengan perusahaan lain. Saat ini sudah ada bank joint venture, bentuk kerja sama PT Pos Indonesia dengan PT Bank Mandiri dan PT Tabungan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen).

Selain itu, Mardjana juga melakukan revitalisasi pada berbagai komponen perusahaan, seperti transportasi kendaraan, sistem jaringan, dan juga perlengkapan IT. Hasilnya, produk-produk terbaru dihasilkan. Program e-commerce misalnya. Melalui e-commerce, pengusaha mikro bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk memasarkan produknya.

Selain Mardjana, turut hadir Dirut Pos Indonesia tersebut dan Kepala Area Operasi VII Jawa Timur, Hatta Parawansa. Hatta berbicara mengenai strategi sistem distribusi pada area cakupannya. ”Kami membangun distribution center di kota-kota yang vital,” ujarnya. Nantinya, semua pengiriman barang harus singgah terlebih dahulu di tempat tersebut. Dengan demikian lokasi barang yang dikirim bisa dilacak dan diinfokan melalui situs resmi. (nul/fi)

Berita Terkait