ITS News

Rabu, 17 Juli 2024
20 Juni 2024, 20:06

Tunjang Kegiatan Akademik, ITS Sepakati MoU dengan Maskapai Citilink

Oleh : itssal | | Source : ITS Online
Gambar MoU ITS-Citilink

Wakil Rektor IV ITS, Agus Muhammad Hatta ST MSi PhD (tiga dari kanan) serta Direktur Niaga dan Kargo PT Citilink Indonesia, Ichwan F. Agus (tiga dari kiri) pada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ITS dan PT Citilink Indonesia, Kamis (20/6)

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus memperkuat langkah dalam akademik dan kontribusi kepada masyarakat. Hal ini dibuktikan melalui penandatanganan naskah Memorandum of Understanding (MoU) dengan maskapai penerbangan Indonesia, PT Citilink Indonesia di Gedung Rektorat ITS, Kamis (20/6).

Direktur Niaga dan Kargo PT Citilink Indonesia, Ichwan F. Agus menjelaskan, ITS merupakan salah satu institusi pendidikan di Indonesia yang aktif berkontribusi bagi masyarakat. Melihat hal tersebut, Citilink turut andil dengan memberikan kemudahan transportasi udara bagi civitas academica ITS. “Kami ingin mendukung misi ITS melalui kerja sama ini,” jelas Ichwan.

Dirinya menambahkan bahwa MoU tersebut merupakan andil dari kedua belah pihak di ranah akademik. Ichwan menyatakan bahwa tidak sedikit kegiatan riset dan akademik lain yang membutuhkan mobilitas tinggi. Melalui perjanjian ini, Citilink menawarkan kemudahan berupa harga khusus serta validitas tiket pesawat yang lebih lama bagi civitas academica ITS. “Manfaat ini bertujuan untuk memfasilitasi civitas academica ITS di tengah jadwal akademik yang padat,” imbuhnya.

Di samping itu, lelaki berkacamata ini menyebutkan bahwa bentuk kerja sama ini juga memberi kemudahan lain bagi mahasiswa yang akan wisuda. Ia berujar bahwa terdapat potongan harga tiket pesawat bagi wali wisudawan yang ingin menghadiri wisuda putra-putrinya. Tak hanya itu, Citilink juga menyediakan fasilitas pengiriman barang bagi wisudawan dari tempat tinggal di ITS ke tempat asal.

Gambar Wakil Rektor IV ITS

Wakil Rektor IV ITS Agus Muhammad Hatta ST MSi PhD menyampaikan harapannya pada kerja sama yang terjalin dengan PT Citilink Indonesia

Di sisi lain, Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, Kerja sama, dan Kealumnian ITS, Agus Muhammad Hatta ST MSi PhD mengungkapkan bahwa kemudahan yang ditawarkan Citilink juga diharapkan mampu membantu mobilitas dalam bidang non-akademik. Pendelegasian mahasiswa pada kompetisi di daerah lain diharapkan dapat termobilisasi dengan mudah. “Fasilitas ini mampu mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa,” tutur dosen Departemen Teknik Fisika ITS ini.

Menjadi perguruan tinggi pertama yang berkolaborasi dengan Citilink, lelaki yang akrab disapa Hatta tersebut memandang kolaborasi ini sebagai jembatan menuju inovasi di bidang dirgantara. Menurutnya, banyak potensi peluang bagi ITS di dunia dirgantara melalui hubungan yang terjalin dengan maskapai penerbangan ini. “Harapannya, riset yang telah kami lakukan seperti drone dan hal-hal lain berkaitan dengan dirgantara dapat berkembang,” ungkapnya penuh harap. (*)

 

Reporter: Aghnia Tias Salsabila
Redaktur: Bima Surya Samudra

Berita Terkait