ITS News

Minggu, 16 Juni 2024
24 Mei 2024, 12:05

ITS Ajarkan Bahasa Pemrograman Python Pada Khalayak Ramai

Oleh : itshan | | Source : ITS Online
Pelatihan Bahasa Pemprograma Python yang digelar secara online melalui media zoom meeting

Bumper pelatihan Bahasa Pemrograman Python, BIMITS Improve Skills (Python Proficiency: Mastering the Language of Coding) yang digelar secara online selama dua hari mulai Sabtu (18/5)

Kampus ITS, ITS News – Bidikmisi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (BIMITS) kembali adakan BIMITS Improve Skills bertajuk Python Proficiency: Mastering the Language of Coding. Melalui pelatihan bahasa pemrograman gratis tersebut, ITS tanamkan pengetahuan mengenai Python dalam membantu pekerjaan di era digital.

Pada pelatihan yang dilangsungkan dua hari sejak Sabtu (18/5) itu, Pemateri BIMITS Improve Skills, Keyisa Raihan Illah Setiadi menjelaskan bahwa Python merupakan bahasa pemrograman yang ditafsirkan secara dinamis (bytecode-compiled), yakni memiliki lebih dari satu rangkain keputusan. “Penafsiran ini memungkinkan Python untuk menguraikan solusi menjadi sekumpulan langkah,” tambah Keisya.

Sebagai bahasa pemrograman, Python cukup populer di kalangan masyarakat umum. Hal ini lantaran bahasanya yang mudah dimengerti dan dapat berjalan di operating system (OS) yang berbeda tanpa perlu mengubah tipe file terlebih dahulu. “Kedua alasan itu membuat penggunaan Python mudah untuk diaplikasikan di mana saja,” tutur Asisten Penelitian Higher Education for Technology and Innovation (HETI) tersebut.

Selain populer di kalangan awam, Staf Ahli Game Development Schematics ITS ini menjelaskan bahwa Python juga sering digunakan oleh profesional. Aksesibilitas Python yang dapat digunakan di berbagai bidang seperti artificial intelligence, data science, dan machine learning membuatnya sangat diminati dalam ranah profesi. “Tak jarang, sering ditemukan perusahaan yang mewajibkan keahlian ini dalam kualifikasinya” ujarnya.

Keyisa juga menyebut bahwa Python sangat mudah untuk diakses. Bahasa pemrograman ini dapat diinstal di laman resminya secara percuma. Selain itu, untuk memaksimalkan potensinya, pemrograman bahasa Python dapat dimasukan ke dalam software editor coding seperti Visual Studio Code. 

Keisya Raihan Illah Setiadi saat menjelaskan pemrograman Phyton pada pelatihan Bimits Improve Skill

Sebelum mempelajari lebih dalam mengenai Python, penting untuk memahami  tipe data dalam Python. Keyisa menyebut bahasa pemrograman Python memiliki empat tipe data umum. Integer merupakan tipe data numerik bilangan bulat, sedangkan Float merupakan data numerik bilangan desimal. Adapun String merupakan tipe data yang berbentuk text dan Boolean merupakan tipe data yang merepresentasikan nilai benar.

Lebih lanjut, Mahasiswa Departemen Teknik Informatika ITS itu juga menyebut bahwa terdapat berbagai operasi yang dapat dilakukan menggunakan bahasa Python. Salah satunya adalah operasi aritmatika dalam menyelesaikan operasi hitung seperti pembagian, perkalian, dan pembagian. Hal ini juga mencakup berbagai level kesulitan operasi aritmatika.

Selain istilah dan pengetahuan di atas, Keyisa juga memberikan pemahaman atas operasi lain yang dapat dilakukan Python. Dengan adanya pelatihan ini, harapannya kemampuan para peserta dalam pemrograman Python meningkat. Untuk mengukur hal tersebut, pelatihan ini tidak lupa memberikan kegiatan pasca pelatihan (KPP) agar para peserta dapat mengukur kemampuan mereka secara langsung. (*)

Reporter: Ahmad Farhan Alghifari
Redaktur: Nurul Lathifah

Berita Terkait