ITS News

Rabu, 22 Mei 2024
10 April 2024, 08:04

Tunjang Produktivitas, ITS Resmikan Delapan Bangunan Fisik Baru

Oleh : itsann | | Source : ITS Online
Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng saat memberikan samputan parada Peresmian Pembangunan Fisik ITS

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng saat memberikan sambutan parada Peresmian Pembangunan Fisik ITS

Kampus ITS, ITS News — Komitmen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk memberikan fasilitas terbaik bagi sivitas akademikanya semakin nyata. Kali ini, upaya tersebut tergambar lewat peresmian delapan gedung pendidikan dan sarana prasarana baru ITS yang bertempatan di Galeri Riset dan Inovasi Teknologi (GRIT) ITS, Kamis (4/4). 

Delapan gedung yang dibangun oleh ITS tersebut dibagi menjadi tiga fungsi, yakni aspek pendidikan, riset dan pengembangan, serta umum. Direktur Perencanaan dan Pembangunan ITS, Dr Ir Suwadi MT mengatakan, delapan bangunan fisik tersebut terdiri dari Tower 1 ITS, Tower Research Center, Asrama Mahasiswa Blok M, Gedung Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV), Gedung Workshop Robotika, dan Gerbang Utama, Utara, serta Selatan ITS.

Pada aspek pendidikan, Gedung Departemen DKV dan Tower 1 ITS berhasil berdiri dengan kokoh untuk memenuhi kebutuhan kegiatan belajar mengajar (KBM) mahasiswa. Menurut dosen Departemen Teknik Elektro tersebut, kedua gedung tersebut berhasil difasilitasi dengan ruang kelas yang mutakhir serta jumlah kelas yang besar. “Karena Gedung Tower 1 memiliki jumlah kelas yang banyak, kami jadikan sebagai pusat KBM Unit Pengelolaan Mata Kuliah Bersama (UPMB),” tuturnya.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (tengah) saat menandatangani prasasti Gedung Workshop Robotika ITS

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (tengah) saat menandatangani prasasti Gedung Workshop Robotika ITS

Tidak hanya aspek pendidikan saja yang didukung, Pembangunan Tower Research Center dan Gedung Workshop Robotika merupakan bentuk dukungan ITS dalam aspek riset dan pengembangan. Kedua bangunan tersebut memiliki fungsi yang sama, yakni tersedianya ruangan untuk setiap pusat kajian, penelitian, serta tim robotika ITS agar bisa berkarya dan berinovasi. “Kami juga menyediakan lapangan uji coba robot di Gedung Workshop Robotika,” beber Alumnus Doktoral ITS tersebut.

Terakhir untuk aspek khalayak umum, ITS juga membangun Asrama Mahasiswa Blok M dan tiga gerbang yang tersebar di tiga titik krusial di daerah Keputih, Kertajaya, dan Mulyosari. Pembangunan tersebut tentunya bertujuan memberikan fasilitas yang aman dan nyaman untuk para sivitas akademika ITS dan khalayak umum ketika mengunjungi ITS. “Selain kepentingan pendidikan dan riset, kami juga tidak lupa memastikan kenyamanan yang terjamin untuk khalayak umum,” tandas Suwadi.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng saat melakukan visitasi di Asrama Mahasiswa Blok M

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng saat melakukan visitasi di Asrama Mahasiswa Blok M

Diresmikan secara langsung oleh Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, pembangunan ini diharapkan dapat menjaga kobaran semangat para pejuang di Kampus Pahlawan ini. Ia berharap seluruh pihak dapat menguatkan kerja sama untuk menghadirkan lebih banyak fasilitas terbaik bagi kenyamanan, kesejahteraan, serta keamanan sivitas akademika ITS. “Komitmen inilah yang akan membawa ITS mencapai kemandirian dan kemajuan,” tutupnya optimistis. (HUMAS ITS).

 

Reporter: Shafa Annisa Ramadhani
Redaktur: Bima Surya Samudra

Berita Terkait