ITS News

Rabu, 29 Mei 2024
03 April 2024, 16:04

Tebar Berkah Ramadan, IKA ITS Kembali Santuni 1.000 Anak Yatim

Oleh : itsiky | | Source : ITS Online

Rektor ITS Periode 2024-2029 Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD (lima dari kiri belakang) dan Ketua Umum Pengurus Wilayah IKA ITS Jawa Timur Eri Cahyadi ST MT (tengah belakang) serta jajaran saat bersama anak-anak yatim dalam acara Santunan 1.000 Anak Yatim di Masjid Manarul Ilmi ITS

Kampus ITS, ITS News – Dalam meramaikan bulan ramadhan yang penuh berkah, Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) kembali melaksanakan Santunan untuk 1.000 Anak Yatim yang ke-11, Selasa (2/4). Selain itu, terdapat juga serangkaian acara berbagi lain untuk mahasiswa serta warga sekitar ITS selama satu bulan penuh.  

Ketua Pelaksana Acara Malik Atmadja ST MM mengungkapkan bahwa acara Santunan untuk 1.000 Anak Yatim pada tahun ini berbeda dengan acara tahun-tahun sebelumnya. Selain pemberian santunan kepada anak yatim, IKA ITS juga melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan yang dibalut dalam acara Ramadhan Berbagi. 

Malik menambahkan, rangkaian acara pada tahun ini meliputi bagi-bagi takjil dan sahur untuk masyarakat umum dan mahasiswa. IKA ITS juga melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan memperbaiki tempat wudu dan fasilitas lain pada musala-musala terdekat. “Jadi kita juga memperbaiki fasilitas-fasilitas di musala, baik musala di Gebang, Keputih, maupun tempat lain yang membutuhkan,” ujarnya.

Ketua Umum Pengurus Wilayah (PW) IKA ITS Jawa Timur yang juga mantan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi ST MT saat memberikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada IKA ITS

Lebih lanjut, Malik mengungkapkan bahwa sumber anggaran dana kegiatan ini berasal dari berbagai pihak. Namun, mayoritas kontribusi berasal dari para alumni ITS yang memiliki peran penting dalam mendukung kegiatan Santunan 1.000 Anak Yatim. “Para alumni menunjukkan dukungan yang sangat besar terhadap kegiatan semacam ini,” ujar Malik.

Dalam prosesi acara penyerahan santunan, terdapat 1.050 anak yatim dari 23 panti asuhan di Surabaya dan Sidoarjo yang hadir. Selain menerima bingkisan makanan dan takjil, mereka juga menerima tas ransel lengkap dengan buku, pensil, dan perlengkapan sekolah lainnya. Menariknya, tas ransel yang diberikan berasal dari tangan-tangan pengrajin tas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Surabaya.

Rektor ITS Periode 2024-2029 Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD saat memberikan sambutan serta kata-kata semangat untuk 1.000 anak yatim yang hadir di Masjid Manarul Ilmi ITS

Turut meramaikan acara, hadir pula Ketua Umum Pengurus Wilayah (PW) IKA ITS Jawa Timur Eri Cahyadi ST MT dan Rektor ITS Periode 2024-2029 Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD. Dalam sambutannya, Eri Cahyadi yang juga mantan Wali Kota Surabaya tersebut mengucapkan terima kasih kepada IKA ITS karena telah memberdayakan UMKM di Kota Surabaya dengan memesan tas ransel dari pengrajin tangan.

Sementara itu, Bambang Pramujati yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Rektor IV ITS juga memberikan pesan kepada anak-anak untuk  mewujudkan mimpi mereka sebesar mungkin. Ia juga berharap di antara ribuan anak yatim yang hadir di Masjid Manarul Ilmi ITS, nantinya ada yang bisa menjadi wali kota seperti Eri Cahyadi untuk memimpin Kota Surabaya.

Antusiasme anak-anak yatim saat menunggu giliran untuk masuk Masjid Manarul Ilmi ITS

Terakhir, dengan terselenggaranya acara ini, Malik berharap IKA ITS dapat terus menjadi agen perubahan yang memberikan manfaat bagi masyarakat. “Semoga manfaat dari kegiatan ini dapat dirasakan oleh semua orang pada acara-acara mendatang,” tutupnya penuh harap. (*)

 

Reporter: Muhammad Rizky Putra Wahyuana
Redaktur: Nurul Lathifah

Berita Terkait