ITS News

Sabtu, 18 Mei 2024
15 Maret 2024, 15:03

Tingkatkan Kinerja Institusi, Rektor ITS Lantik 55 Pejabat Baru

Oleh : itsdan | | Source : ITS Online

Prosesi pengucapan sumpah jabatan oleh para pejabat baru, pejabatan fungsional pertama, dan pegawai non-PNS

Kampus ITS, ITS News — Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Prof Dr Ir Mochammad Ashari MEng IPU AEng resmi melantik 55 pejabat fungsional baru, pada Kamis (14/3). Pelantikan ini  mengangkat para pelaksana akademik dengan kedudukan pejabat fungsional pertama dan pegawai non Pegawai Negeri Sipil (non-PNS). 

Secara rinci, pelantikan ini meliputi pengangkatan 19 pejabat, 29 pejabat fungsional pertama, dan 7 pegawai non-PNS. Jabatan fungsional merupakan jabatan yang berisi fungsi dan tugas terkait pelayanan fungsional berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu yang dimiliki oleh dosen.

rektor-ITS-memberi-sambutan

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochammad Ashari MEng saat memberikan sambutan dan membacakan naskah pelantikan jabatan baru

Kali ini, pejabat yang dilantik mayoritas adalah dosen muda dari masing-masing fakultas di ITS. Mereka akan mengemban amanah untuk memimpin dan mengelola berbagai bidang, seperti akademik, penelitian, kemahasiswaan, dan keuangan. 

Dalam sambutannya, Ashari menjelaskan bahwa pengambilan sumpah ini merupakan bagian dari ketatanegaraan yang sangat penting bagi ITS sebagai perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH). “Pelantikan ini bukan hanya seremonial, tetapi juga bagian dari upaya ITS untuk memperkuat struktur organisasi dan meningkatkan kinerja institusi,” ujar Ashari.

Penandatanganan naskah berita acara sumpah jabatan oleh pejabat baru, (dari kiri) Anies Rosdyana SStat, Eva Sundari ST, Descia Astrinia Raisyah SPd, Artin Finalita ST MMT

Lebih lanjut, guru besar Departemen Teknik Elektro ITS tersebut menyatakan bahwa pelantikan ini merupakan langkah strategis ITS untuk mencapai tujuannya sebagai perguruan tinggi terkemuka di bidang sains dan teknologi. “Dengan diadakannya pelantikan pejabat baru ini, menunjukkan bahwa sistem karir di ITS berjalan dengan baik,” pungkas Ashari.

Suasana khidmat dan penuh makna pun menyelimuti aula Tower 1 ITS saat para pejabat baru mengucapkan sumpah jabatan mereka. Prosesi pelantikan yang sakral diawali dengan pembacaan naskah pelantikan jabatan baru oleh Rektor ITS. Selanjutnya, Rektor ITS memimpin pembacaan sumpah pejabat yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta pelantikan.

Sesi pemberian ucapan selamat kepada para pejabat yang telah dilantik oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochammad Ashari MEng (kanan)

Prosesi dilanjutkan dengan penandatangan naskah berita oleh 19 pejabat baru dan dua perwakilan dari pejabat fungsional dan non-PNS. Sesi ini diawali oleh Rektor ITS didampingi oleh Direktur Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) ITS, Prof Dr Ir Sri Gunani Partiwi MT dan Kasubbag Penyusunan Anggaran, Biro Keuangan ITS, Diana Ekawati ST. 

Dalam kesempatan ini pula, keempat Wakil Rektor ITS beserta jajarannya hadir sebagai tamu undangan. Pesta pengangkatan ini diharapkan dapat memperkuat tugas, tanggung jawab, dan wewenang dari dosen yang dilantik. “Para pejabat baru diharapkan bisa mengemban amanah dengan penuh tanggung jawab dan integritas,” pesan Ashari. (*)

 

Reporter : Syahidan Nur Habibie Ash-shidieq
Redaktur : Difa Khoirunisa

 

Berita Terkait