ITS News

Jumat, 24 Mei 2024
06 Maret 2024, 20:03

Himasakta ITS Tingkatkan Literasi Keuangan Anak Tingkat Dasar

Oleh : itsrea | | Source : ITS Online
Himasakta ITS bersama anak-anak TPQ Al-Hikmal Mubarok saat kegiatan melukis celengan

Himasakta ITS bersama anak-anak TPQ Al-Hikmal Mubarok saat kegiatan melukis celengan

Kampus ITS, ITS News – Anak yang tumbuh dalam keluarga prasejahtera sering kali tidak mampu mengatur keuangannya dengan baik. Menanggapi permasalahan tersebut, Himpunan Mahasiswa Sains Aktuaria (Himasakta) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adakan peningkatan literasi keuangan kepada anak-anak sekolah dasar (SD) di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Hikmal Mubarok melalui Himasakta Mengajar.

Ketua Pelaksana Himasakta Mengajar, Siska Widiya Sendary mengungkapkan bahwa program ini merupakan bentuk kontribusi nyata ITS dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pengabdian kepada Masyarakat (Abmas). Kegiatan yang bermanfaat tersebut sudah dilaksanakan oleh Himasakta secara rutin, yakni dua kali selama satu tahun masa periode. “Abmas yang kami laksanakan berupa penyaluran donasi serta kegiatan mengajar ke siswa SD,” terangnya.

Pada Abmas kali ini, Himasakta mengunjungi TPQ Al-Hikmal Mubarok, Surabaya. Dilaksanakan pada 24 November 2023, abmas ini berfokus pada pendidikan nonformal yang bersifat meningkatkan literasi keuangan anak SD. Diwujudkan melalui kegiatan transaksi jual beli, menabung dan menghitung uang, serta melukis celengan. “Kami menyasar anak-anak usia sekolah dasar dari keluarga prasejahtera agar mereka memahami keuangan sejak dini,” bebernya.

Anggota Himasakta Mengajar saat melakukan simulasi transaksi jual beli

Anggota Himasakta Mengajar saat melakukan simulasi transaksi jual beli dengan anak-anak

Dalam kegiatan transaksi jual beli, anak-anak diajarkan untuk melakukan transaksi secara mandiri agar mereka memahami nominal dan nilai mata uang yang digunakan. Lebih dari itu, Himasakta Mengajar juga turut membekali anak-anak dengan melakukan transaksi jual beli dengan adab dan sopan santun. “Kegiatan ini juga melatih kemampuan komunikasi dan matematika dasar mereka,” tambah mahasiswa angkatan 2021 tersebut.

Tidak lengkap dengan mengajarkan cara menabung dan menghitung uang, anak-anak juga turut diberikan pemahaman mengenai pentingnya memiliki tabungan untuk masa depan. Kegiatan ini melatarbelakangi kondisi ekonomi keluarga kurang mampu yang terkadang menjadi halangan dalam menuntut ilmu. “Kami bermaksud untuk menanamkan jiwa senang menabung agar cita-cita yang mereka miliki akan mudah diraih,” papar Siska.

Tidak hanya literasi keuangan, Himasakta Mengajar juga mengajak anak-anak untuk mengasah kreativitas dan jiwa kewirausahaan mereka melalui kegiatan melukis celengan. Adapun celengan yang sudah dilukis akan disimulasikan selayaknya kegiatan transaksi jual beli yang ada di pasar pada umumnya. “Selain menabung, kami mengajak anak-anak untuk bisa memiliki jiwa kewirausahaan dan kreativitas,” tutur Siska.

Selain kegiatan mengajar, Himasakta Mengajar juga menggalang donasi berupa uang, pakaian, buku, dan alat sekolah dari masyarakat sekitar. Hasil donasi nantinya akan dialokasikan kepada pihak TPQ Al-Hikmal Mubarok guna menunjang kebutuhan pembelajaran. “Donasi yang terkumpul berhasil kami salurkan kepada 50 anak di sekitar TPQ Al-Hikmal Mubarok,” tandas perempuan kelahiran Tasikmalaya tersebut.

Anak-anak TPQ Al-Hikmal Mubarok setelah bermain mini games

Anak-anak TPQ Al-Hikmal Mubarok setelah bermain mini games

Dengan terlaksananya kegiatan tersebut, Siska berharap kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin oleh penerus Himasakta Mengajar selanjutnya. Kegiatan yang dibimbing oleh Ulil Azmi SSi MSi MSc ini juga berhasil meraih antusiasme tinggi dari anak-anak maupun pengurus TPQ Al-Hikmal Mubarok. “Semoga program ini membangkitkan semangat belajar mereka dalam menempuh pendidikan agar nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga,” harap mahasiswa kelahiran Tasikmalaya tersebut. (*)

 

Reporter: Andra Eka Wijayanti
Redaktur: Bima Surya Samudra

Berita Terkait