ITS News

Sabtu, 27 April 2024
22 Februari 2024, 16:02

Optimalkan Kreativitas Mahasiswa, Interior Project 2023 Lukiskan Mural Dinding

Oleh : itsfeb | | Source : ITS Online
Gambar Hose ketika Menjelaskan Mural Interior Project 2023

Ketua Pelaksana Interior Project 2023 Hosea Alva Williams Breemer ketika menjelaskan filosofi desain mural Interior Project 2023

Kampus ITS, ITS News — Departemen Desain Interior Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali memberikan ruang kesempatan bagi mahasiswanya untuk menyalurkan kreativitas. Lewat gelaran Interior Project 2023, mahasiswa baru Departemen Desain Interior angkatan 2023 berhasil melukiskan berbagai mural menawan di dinding selasar lantai 3 Gedung Desain Interior, Kamis (22/02).

Ketua Pelaksana Interior Project 2023, Hosea Alva Williams Breemer, dengan antusias menceritakan bahwa Interior Project bukan sekadar sebuah acara tahunan, melainkan sebuah wadah kreativitas bagi mahasiswa baru Departemen Desain Interior. Dalam penyelenggaraan edisi keenam ini, kegiatan utama yang diusung adalah pembuatan mural yang mempresentasikan setiap laboratorium di bidang Desain Interior.

Melalui karya-karya mural tersebut, setiap goresan kuas dan warna yang dipilih memiliki makna tersendiri, mencerminkan esensi dari ruang kreatif yang menjadi bagian integral dari perjalanan mahasiswa dalam mengeksplorasi dunia desain interior. “Demikian, Interior Project hadir sebagai wahana untuk menyelami dan mengapresiasi keragaman konsep dan ide-ide kreatif yang tumbuh dari jiwa mahasiswa,” tambahnya.

Gambar Mahasiswa Desain Interior ITS di depan mural Interior Project 2023

Beberapa Mahasiswa Departemen Desain Interior ITS ketika sedang memperhatikan detail dari desain mural Interior Project 2023

Hose, sapaan akrabnya, menyatakan bahwa proses pengerjaan mural telah dimulai sejak empat bulan yang lalu, dimulai dengan tahap perancangan konsep mural. Pada tahap tersebut, Hose bersama rekan-rekannya melakukan jaringan aspirasi (jaras) kepada asisten laboratorium dan dosen laboratorium terkait. “Kami juga memberikan beberapa asistensi guna menciptakan konsep terbaik,” lanjut Hose.

Usai dianggap berhasil merepresentasikan laboratorium yang ada, mahasiswa Departemen Desain Interior dengan kolaborasi yang harmonis bekerja sama untuk menyusun sketsa yang cermat dan mendetil pada permukaan dinding yang berada tepat di depan masing-masing laboratorium. “Setelah sketsa selesai, kami dengan antusias melaksanakan pengecatan dinding sesuai dengan konsep desain,” jelas mahasiswa yang berasal dari Sidoarjo.

Gambar Mahasiswa Desain Interior menikmati karya mural Interior Project 2023

Mahasiswa Desain Interior menikmati karya mural Interior Project 2023

Menelisik karya, Hose melanjutkan dengan merinci bahwa dinding depan Laboratorium Perilaku dan Lingkungan menggambarkan dengan teliti perkembangan manusia dari masa anak-anak hingga lansia. Di samping itu, hadirnya sebuah pohon sebagai simbolisasi menunjukkan bahwa manusia memiliki kecenderungan untuk terus mengembangkan perilaku serta beradaptasi dengan dinamika lingkungan sekitar.

Tak hanya itu, disoroti pula keberadaan gambaran batik kawung dan ornamen masjid yang jelas terpampang di dinding Laboratorium Estetika dan Budaya. Baginya, gambaran tersebut bukan sekadar dekorasi, melainkan representasi yang mendalam terhadap identitas dan nilai-nilai yang diusung serta dipertahankan oleh laboratorium tersebut. Hal ini mencerminkan kekayaan estetika dan budaya yang ingin ditekankan dan dijaga melalui medium visual di ruang laboratorium.

Gambar Onna Anieqo Tanadda, S.Ds., M.Ds. meresmikan mural di Gedung Desain Interior

Mewakili Kepala Departemen Desain Interior ITS, Onna Anieqo Tanadda SDs MDs meresmikan mural Interior Project 2023

Sedangkan pada Laboratorium Sains Interior, dapat ditemukan beragam alat-alat teknologi canggih yang berkaitan erat dengan dunia sains. Salah satunya adalah pesawat nirawak atau drone, yang menjadi salah satu fokus penelitian di laboratorium ini. Tidak hanya itu, gambar kapal laut yang terpampang dengan megah di sana turut mencirikan bahwa laboratorium ini memiliki keterkaitan yang erat dengan penelitian dalam bidang sains interior yang mencakup ruang dan desain interior.

Meskipun mengalami beberapa kendala saat memproyeksikan gambar pada dinding, Hose menyampaikan bahwa hasil mural telah sejalan dengan konsep yang dirancang oleh mahasiswa Desain Interior angkatan 2023. “Hari ini, mural karya angkatan 2023 juga akan diresmikan oleh Kepala Departemen Desain Interior ITS,” ujarnya.

Melalui serangkaian kegiatan Interior Project 2023 ini, Hose berharap kegiatan tersebut dapat menjadi pengalaman baru bagi mahasiswa Desain Interior angkatan 2023 dalam menginisiasi sebuah proyek sekaligus acara. “Semoga hasil dari Interior Project 2023 ini dapat dinikmati oleh mahasiswa dan dosen Departemen Desain Interior,” pungkasnya penuh harap. (*)

 

Reporter: Mohammad Febryan Khamim
Redaktur: Fauzan Fakhrizal Azmi

Berita Terkait