ITS News

Rabu, 29 Mei 2024
05 Februari 2024, 16:02

SPE ITS Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan Mental dan Fisik

Oleh : itsbil | | Source : ITS Online
Gambar SPE ITS SC dan AMSA Unair ketika foto bersama

SPE ITS SC dan AMSA Unair ketika foto bersama sesuai kegiatan SPE Health Check Up

Kampus ITS, ITS News — Tingginya angka bunuh diri dan self harm yang dilakukan oleh remaja maupun dewasa umumnya disebabkan karena tidak stabilnya mental individu tersebut. Hal itulah yang membuat Society of Petroleum Engineers (SPE) Institut Teknologi Sepuluh Nopember Student Chapter (ITS SC) menyelenggarakan SPE Care for Health guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental dan fisik.

Penanggung jawab acara, Afrizal Randy Prananto mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan karena tingginya kasus bunuh diri dan rendahnya kesadaran terkait kondisi mental dan fisik seorang remaja. Kegiatan ini meliputi seminar kesehatan mental dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk umum yang diselenggarakan selama dua hari sejak Sabtu, (25/11) lalu. 

Pria yang akrab disapa Randy tersebut menyebutkan, seminar ini turut menghadirkan Cita Juwita Alwani Rozano SPsi MPsi, representatif Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) wilayah Jawa Timur. Adapun materi yang disampaikan terkait wawasan kesehatan mental dan fisik hingga strategi dalam mengendalikan emosi pada seseorang. 

Gambar SPE ITS SC ketika foto bersama dengan pembicara dan peserta seminar

Foto bersama SPE ITS SC dengan Cita Juwita Alwani Rozano SPsi MPsi (hijab merah muda tengah) dan peserta seminar 

Wawasan kesehatan yang disampaikan itu meliputi masalah dasar kesehatan mental, seperti pola tidur yang tidak teratur dan sulit berkonsentrasi. Dipaparkan pula kecerdasan emosional untuk mengatur emosi diri, strategi dalam mengendalikan emosi, serta cara untuk membangun hubungan baik dalam bermedia sosial untuk mencegah adanya cyber bullying. “Dijelaskan juga dampak kesehatan mental yang salah satunya dapat mengganggu produktivitas individu,” jelas Randy. 

Lebih dari itu, untuk memaksimalkan komitmen dalam meningkatkan kesadaran kesehatan mental dan fisik, di hari Minggu SPE ITS SC pun menggelar pemeriksaan kesehatan gratis yang bekerja sama dengan Asian Medical Students’ Association (AMSA) Universitas Airlangga. Penanggung jawab acara, Novalyina Ghassani menjelaskan jika kegiatan ini adalah wujud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi masyarakat kurang mampu di daerah Keputih, Surabaya. 

gambar peserta Health Check Up ketika diperiksa oleh AMSA UNAIR

Salah satu peserta Health Check Up yang sedang melakukan pemeriksaan oleh AMSA UNAIR

Untuk memaksimalkan komitmen dalam meningkatkan kesadaran kesehatan mental dan fisik, SPE ITS SC juga menggelar pemeriksaan kesehatan gratis untuk umum. Hal ini juga sebagai wujud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi masyarakat kurang mampu di daerah Keputih, Surabaya. Pemeriksaan ini bekerja sama dengan Asian Medical Students’ Association (AMSA) Universitas Airlangga. 

Penanggung jawab acara, Novalyina Ghassani menjelaskan pemeriksaan kesehatan meliputi berbagai tes kesehatan seperti gula darah, tekanan darah, dan asam urat. Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta dari masyarakat setempat. “Peserta pun tidak terpaku pada usia, dari balita hingga lanjut usia dapat memeriksa kesehatannya di sini,” ungkap wanita yang kerap disapa Ghassa itu. 

Di akhir, Ghassa menyebutkan jika masyarakat sangat terbantu dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis. Harapannya, semoga SPE ITS SC dapat terus menyelenggarakan kegiatan yang dapat membantu kesejahteraan masyarakat. “Semoga SPE Care for Health dapat menjadi acara tahunan untuk menanamkan pentingnya kesejahteraan mental dan fisik pada masyarakat,” tutup Ghassa penuh harap. (*)

 

Reporter: Nabila Hisanah Yusri
Redaktur: Rayinda Santriana U S

Berita Terkait