ITS News

Selasa, 28 Mei 2024
23 Januari 2024, 10:01

Gaungkan Agen Perubahan 2024, ITS Mantapkan Semangat Inovasi Prestasi

Oleh : itsqil | | Source : ITS Onlline
Gambar pidato awal tahun rektor its

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng saat menyampaikan misi utama ITS dalam Pidato Rektor Awal Tahun 2024, Senin (22/1)

Kampus ITS, ITS News — Mengawali tahun 2024 dengan semangat yang berkobar-kobar, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meneguhkan tekadnya untuk menjadi agen perubahan positif. Pada Pidato Rektor Awal Tahun 2023, yang disampaikan Senin (22/1), Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng, mengajak dengan tulus seluruh sivitas akademik untuk memelihara semangat inovasi.

Memulai pidatonya yang memancarkan semangat kepemimpinan, pria yang akrab disapa Ashari ini menguraikan dengan detail tiga misi utama yang menjadi pijakan kuat ITS, yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi, inovasi, dan Science Techno Park (STP). Di mana, ketiga poin utama tersebut merupakan hasil nyata dari kolaborasi yang kokoh di antara komponen-komponen ITS, seperti termanifestasinya sepeda motor listrik EVITS.

Pandangan yang digaungkan ITS juga tidak hanya terhenti pada ajakan, melainkan mencapai tingkat lebih tinggi dengan memberdayakan seluruh sivitas akademik. Hal ini dilakukan untuk menciptakan sinergi yang kuat dalam mengembangkan beragam aspek. “Mulai dari sumber daya manusia yang terampil hingga organisasi yang efisien, serta mengelola keuangan dengan bijaksana,” sebut Ashari.

Tak hanya itu, dukungan tersebut juga merambah pada infrastruktur fisik dan virtual. Ashari memastikan bahwa daya ungkit ini tidak hanya dalam wacana, melainkan terwujud secara nyata melalui tindakan konkret. Implementasi kampus digital menjadi tonggak penting dalam modernisasi pembelajaran dan akses informasi. 

emaparan transformasi pendidikan oleh Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng

Pemaparan target visi misi 2024 lewat pengembangan struktural finansial ITS oleh Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng

Implementasi visi misi tersebut termanifestasikan melalui pengembangan kampus inovasi. Hal ini diyakini Ashari bukan sekadar sebuah gagasan, melainkan landasan penting yang menciptakan ruang bagi eksplorasi dan pengembangan ide-ide cemerlang. “Kampus inovasi bukan hanya tempat belajar, tetapi juga laboratorium nyata di mana ide-ide revolusioner dapat tumbuh dan berkembang,” bangganya.

Sementara itu, dalam pengungkapan visi tahun 2024, guru besar Departemen Teknik Elektro ITS ini dengan cermat menyampaikan keinginannya untuk mencanangkan era Industri 4.0 (ID 4.0). Dengan tekad yang bulat, Ashari memproyeksikan ITS sebagai kampus masa depan yang tidak hanya canggih secara teknologi, melainkan juga terkemuka dalam budaya korporasi, tingkat inovasi yang menginspirasi, dan reputasi internasional yang mendunia.

Hal tersebut dibuktikannya dengan prestasi unggul ITS yang tidak hanya terbatas pada pencapaiannya dalam Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings 2023. Menempati peringkat 621 secara global dan 128 di kawasan Asia. “ITS membuktikan eksistensinya sebagai pusat pendidikan berkualitas tinggi dalam menghadirkan pembelajaran dan inovasi yang menginspirasi,” ucap Ashari.

gambar penyerahan penghargaan KIP 2023

Sekretaris ITS Dr Umi Laili Yuhana SKom MSc saat menerima penghargaan sebagai Badan Publik Informatif dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023 yang diserahkan oleh Prof Dr Syafsir Akhlus MSc

Selain itu, ITS semakin diperkuat oleh penghargaan yang diterima dari The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Organisasi dunia tersebut memberikan pengakuan kepada ITS atas dedikasinya dalam mengembangkan pendidikan digital dan inovasi, sebuah prakarsa yang sudah dijalankan sejak sebelum pandemi melanda. 

Beralih ke pencapaian dalam negeri, ITS juga berhasil menjelma sebagai pusat keunggulan pendidikan tinggi dengan meraih enam piala dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dikti Ristek) pada tahun 2023. Tidak hanya itu, prestasi gemilang lainnya juga terukir dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023.

Di balik prestasi gemilang ini, terdapat sinergi kuat antara seluruh departemen, fakultas, dan pusat penelitian di ITS. Kolaborasi ini menjadi landasan kuat yang mendorong ITS mencapai puncak keberhasilan. “Dengan semangat ini, kami (sivitas akademika ITS, red) berharap seluruh elemen terus bersinergi dan berkontribusi untuk meningkatkan prestasi ITS di tahun-tahun mendatang,” pungkas Ashari penuh harap.

Gambar penghargaan rektor award kategori program studi S1/D4 dengan sumbangsih dana terbesar

Penghargaan Rektor Award 2023 kategori Program Studi S1/D4 dengan Sumbangsih Dana Terbesar diberikan kepada S1 Teknik Informatika

Di lain sisi, pada momen ini, Ashari beserta keempat wakil rektor juga memberikan Rektor Award 2023 sebagai bentuk penghargaan bagi semua elemen yang terlibat. Penghargaan ini meliputi berbagai kategori, seperti Sumbangsih Dana Terbesar, Jumlah Prestasi Nasional dan Internasional Tertinggi, Rasio Publikasi Internasional Scopus Tertinggi, hingga Rasio HKI Tertinggi untuk departemen dan fakultas. 

Tak cukup sampai di situ, apresiasi juga diberikan kepada pusat penelitian yang berhasil mencapai Penerima Dana Kerjasama Penelitian Tertinggi dan Kajian dengan Produktivitas Tertinggi. Kategori-kategori penghargaan baru, seperti departemen dan non departemen dengan Implementasi Budaya Kerja 5S + S, juga dihargai sebagai langkah positif dalam memajukan budaya kerja yang efisien dan berdaya saing. (*)

 

Reporter:Hani Aqilah Safitri
Redaktur: Fauzan Fakhrizal Azmi

Berita Terkait