ITS News

Kamis, 30 Mei 2024
16 Januari 2024, 19:01

Melejit Mendunia, ITS Kenalkan International Undergraduate Program

Oleh : itshan | | Source : ITS Online
Peserta IUP Edufair saat bertanya di salah satu stan interaktif departemen

Peserta IUP Edufair saat bertanya di salah satu stan interaktif departemen

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memperkenalkan program sarjana dengan standar internasional melalui acara sosialisasi International Undergraduate Program (IUP) Edufair, Sabtu (16/12). Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung di Gedung Tower Sains (TW) 1 ITS, di mana IUP Edufair menampilkan 18 departemen yang menawarkan program internasional.

Kepala Subdirektorat Admisi ITS, DrEng Unggul Wasiwitono ST MEngSc menyatakan, IUP Edufair bukan sekadar ajang perkenalan, melainkan pintu gerbang bagi para siswa SMA/K sederajat untuk mengeksplorasi peluang pendidikan tinggi dengan standar internasional. IUP Edufair tak hanya menghadirkan pameran dan talkshow, tetapi juga sebuah panggung inspiratif yang membantu mengarahkan para calon mahasiswa menuju pemahaman yang lebih.

Program IUP  itu sendiri merupakan tonggak keunggulan ITS dalam menghadirkan pendidikan yang berkualitas global. Dengan menempuh IUP, para peserta didik tidak hanya memperoleh ilmu, melainkan juga mendapat kesempatan untuk merasakan atmosfer internasionalisasi. ITS, sebagai lembaga pendidikan unggulan, menawarkan 18 departemen IUP yang secara kolektif memperkuat citra kampus ini sebagai salah satu world class university.

Tentunya, dalam rangka memastikan aksesibilitas informasi yang lebih baik, Dosen Departemen Teknik Mesin ITS menjelaskan bahwa 18 stan departemen interaktif pada IUP Edufair menjadi sarana bagi peserta untuk meresapi nuansa masing-masing program. Di sana, bukan hanya informasi seputar departemen dan program internasional yang dipaparkan, tetapi juga terdapat kesempatan untuk memperoleh pengetahuan lebih mendalam.

Selain itu, keberadaan merchandise di stan departemen menambah daya tarik, memberikan nuansa lebih personal dalam perjalanan penjelajahan pendidikan tinggi internasional. “Dengan demikian, IUP Edufair bukan sekadar sebuah acara, melainkan kesempatan berharga untuk membuka pintu masa depan pendidikan yang penuh potensi,” ujar Unggul.

talkshow mengenai Tim robot/otomotif yang turut meramaikan kegiatan IUP Edufair

Tim robot/otomotif ITS saat menyimak pertanyaan talkshow

Berbeda dengan pelaksanaan IUP Edufair sebelumnya, pada akhir tahun ini, kegiatan yang diinisiasi oleh Direktorat Pendidikan (Dirpendik) ITS menampilkan partisipasi Ini Lho ITS! 2024 sebagai panitia yang khusus menitikberatkan pada sektor pendidikan. Dirpendik dan Ini Lho ITS! turut menyajikan informasi terkait pendidikan dan jalur masuk ITS melalui stan interaktifnya.

Unggul juga menambahkan bahwa dalam acara ini, lima tim robot atau otomotif ikut serta untuk memeriahkannya dengan memamerkan kecanggihan robot, kendaraan, dan prestasi yang telah diraih. Kelima tim tersebut, yaitu Sapuangin, Barunastra, Bayucaraka, Ichiro, dan Spectronics yang dikenal sebagai juara dalam bidangnya masing-masing. “Kehadiran tim-tim ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada para peserta mengenai ciri khas ITS,” ujar Unggul.

Sebagai penutup rangkaian acara, pria berkacamata ini dengan lugas menyampaikan harapannya bahwa partisipasi dalam kegiatan ini akan membantu meningkatkan tingkat pengetahuan masyarakat luas mengenai IUP. Fokus utamanya adalah pada kelompok siswa SMA/K dan sejenisnya, yang diharapkan dapat lebih memahami potensi dan keunggulan pendidikan di ITS.

Tak hanya itu, kesuksesan kegiatan ini dapat menjadi pendorong bagi peningkatan penerimaan dan apresiasi global terhadap ITS. Dengan memanfaatkan momentum ini, harapannya adalah agar IUP dapat tumbuh menjadi destinasi pendidikan yang dihormati secara internasional dan menjadi pilihan utama bagi calon mahasiswa yang berpotensi. (*)

 

Reporter: Ahmad Farhan Alghifari
Redaktur: Fauzan Fakhrizal Azmi

Berita Terkait