ITS News

Rabu, 29 Mei 2024
14 Januari 2024, 19:01

Gelar ITS Fairground, ILITS 2024 Ajak Siswa Berani Bereksplorasi

Oleh : itsann | | Source : ITS Online
Potret Leonardo Edwin saat berikan materi pada ITS Fairground ILITS 2024

Influencer ternama tanah air, Leonardo Edwin saat memberikan materi pada ITS Fairground ILITS 2024

Kampus ITS, ITS News — Pentingnya eksplorasi diri merupakan poin kunci ekspansi pengalaman dalam menjalani pendidikan dan kehidupan. Pesan tersebut disampaikan oleh dua pembicara pada sesi gelar wicara Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Fairground Ini Lho ITS! (ILITS) 2024, Sabtu (13/1).

Dalam kegiatan yang digelar di Graha Sepuluh Nopember (GSN) ITS ini, influencer ternama tanah air, Leonardo Edwin menyampaikan, banyak kesempatan menghampirinya berkat keberanian bereksplorasi. Di antaranya adalah kuliah ke luar negeri hingga menjadi konten kreator tersohor di Indonesia. “Mungkin kalau saat itu aku nyerah dan bertahan di zona nyaman saja, aku ga akan jadi diriku yang hari ini,” tutur lelaki asal Batam tersebut.

Lulusan Washington University ini mengungkapkan, eksplorasi merupakan cara terbaik untuk memperluas pemikiran. Sama halnya dengan pendidikan, eksplorasi diri dapat membuka pandangan seseorang jauh lebih luas dalam melihat kehidupan. “Sederhananya seperti membandingkan. Semakin banyak perbandingan yang kita punya, semakin kecil kemungkinan kita memilih pilihan yang salah,” tambahnya.

Selaras dengan tuturan Leo, alumni Teknik Industri ITS, Auliansyah Rizki Teknikade juga menekankan pentingnya eksplorasi untuk menggali potensi diri selama perkuliahan. Menurut lelaki yang akrab disapa Sungsang ini, kemampuan akademik yang tidak ditunjang dengan soft skill akan sulit bersaing di pasca kampus. “Karena selain teori, yang dicari adalah mampu berkomunikasi, bekerjasama, dan me-manage diri dengan baik,” tekannya.

Lebih lanjut, Sungsang mendapati bahwa eksplorasi diri membawanya pada ekspansi pengalaman sehingga ia menjadi lebih paham dan mampu bertahan di kehidupan pasca kampus. Pengalaman tersebut mulai dari memenangkan perlombaan, menjadi pembicara di berbagai seminar, hingga dipercaya menjadi Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS) ITS. 

Potret Auliansyah Rizki Teknikade (kanan) saat sesi gelar wicara pada ITS Fairground ILITS 2024

Alumni Teknik Industri ITS, Auliansyah Rizki Teknikade (kanan) saat sesi gelar wicara pada ITS Fairground ILITS 2024

Tak hanya disuguhkan dua pembicara terkemuka yang membakar semangat, asa eksplorasi peserta juga digelorakan dengan suguhan parade tim riset terbaik ITS. Riuh antusiasme peserta menggema saat menyambut para jawara ITS tersebut. Pada sesi eksibisi pun, garasi tim riset yang terletak di lantai 1 dan 2 GSN ITS dipadati para peserta yang penasaran dan tertarik untuk mengenal lebih dalam para pencetak medali di ITS ini.

Sebagai informasi, ITS Fairground ini merupakan rangkaian acara hari pertama Open Campus ILITS 2024. Sebelumnya, para peserta telah lebih dulu melewati rangkaian kegiatan Try Out dalam gelaran Welcome Surabaya. Try Out ini sekaligus menjadi agenda penjaringan satu calon mahasiswa saintek dan satu calon mahasiswa soshum terbaik yang akan mendapat

Di hari kedua, Open Campus ILITS 2024 mengajak para calon mahasiswa ITS yang berasal dari Jawa Timur ini untuk berkeliling Kampus Pahlawan lewat Safari Faculty. Tak hanya itu, para peserta juga diberikan kesempatan untuk merasakan satu hari menjadi mahasiswa ITS lewat kegiatan One Day Lecture dan kegiatan menarik lainnya.

 

Reporter: Shafa Annisa Ramadhani

Berita Terkait