ITS News

Sabtu, 18 Mei 2024
08 Januari 2024, 12:01

Perkuat Silaturahmi dan Kolaborasi, ITS Berkunjung ke Balikpapan

Oleh : itskaii | | Source : ITS Online

 

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (tengah) bersama jajaran Petinggi ITS dan ITK dalam kunjungan kerja ITS ke ITK

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (tengah) bersama jajaran petinggi ITS dan ITK dalam kunjungan kerja ITS ke Balikpapan

 

Kampus ITS, ITS News— Dalam rangka kunjungan kerja ke Balikpapan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berkunjung ke Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan melakukan temu alumni ITS. Kegiatan yang bertujuan untuk memperkokoh silaturahmi dan kolaborasi tersebut dilaksanakan selama tiga hari, sejak Jumat (5/1) lalu.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengungkapkan bahwa kunjungan ITS ke ITK bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan mewujudkan kerja sama yang lebih erat antara kedua institusi. Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk menciptakan kolaborasi yang produktif di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di masa depan.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng saat memberikan sambutan dalam kunjungan ITS ke ITK di ITK, Balikpapan

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng saat memberikan sambutan dalam kunjungan ITS ke kampus ITK di Balikpapan, Kalimantan Timur

Lebih lanjut, Ashari menyoroti peran aktif ITS dalam mendukung dan mendorong lahirnya ITK. Ia berharap ITK dapat meneruskan budaya ITS dalam berkembang dan mencapai kesuksesan di masa depan.  “Kelak jika sudah sukses dan berkembang, jangan lupakan ITS yang di Jawa,” pesan Guru Besar Teknik Elektro ITS ini.

Tak berhenti sampai di situ, kunjungan kerja tersebut dilanjutkan dengan acara temu alumni sebagai bagian dari agenda kunjungan kerja Rektor dan pimpinan ITS ke Balikpapan. Acara yang dihadiri 50 alumni ITS ini berlangsung di Kampoeng Pasir Balikpapan. Selain untuk mempererat silaturahmi, pertemuan ini bertujuan untuk memberikan kabar terkini perkembangan ITS kepada alumni.

Salah satu peserta, Agus Muhamad Hatta ST MSi PhD menyoroti pentingnya penyampaian berita terkini kampus kepada alumni. Hal ini lantaran alumni memiliki peranan penting dalam pemeringkatan ITS di World Class University (WCU). “Reputasi dan kinerja alumni di dunia kerja sangat diperhitungkan dalam pemeringkatan ini,” ujar dosen Departemen Teknik Fisika tersebut. 

Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng tengah memberikan sambutan kegiatan temu alumni ITS yang diselenggarakan di Kampoeng Pasir Balikpapan.

Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng tengah memberikan sambutan dalam kegiatan temu alumni ITS yang diselenggarakan di Kampoeng Pasir, Balikpapan

Selain itu, dosen yang akrab disapa Hatta ini juga menekankan perlunya sosialisasi program penerimaan mahasiswa baru ITS kepada alumni. Utamanya, lanjut Hatta, untuk wilayah Balikpapan dan daerah di luar Jawa. “Peran aktif alumni ITS sangat krusial dalam menjalin kerja sama untuk kemajuan Kampus Pahlawan,” terangnya.

Terakhir, selain dua kunjungan utama tersebut, terdapat pula serangkaian acara tambahan dalam agenda kunjungan kerja ITS ke Balikpapan ini. Di antaranya adalah makan malam bersama pimpinan ITS dan ITK serta kunjungan ke titik Nol Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN). (*)

Reporter: Khaila Bening Amanda Putri
Redaktur: Nurul Lathifah

Berita Terkait