ITS News

Kamis, 30 Mei 2024
28 Desember 2023, 13:12

Resmi Ditutup, Manifest 2023 Sukses Digelar dengan Inovasi Terbaru

Oleh : itssil | | Source : ITS Online
desskripsi-penyerahan juara

Juara I peraih golden ticket free pass Manifest 2023 diperoleh dari siswi SMAS Syafana Islamic School

Kampus ITS, ITS News — Rangkaian acara Manajemen Bisnis Festival (MANIFEST) 2023 resmi berakhir. Hadir dengan sejumlah inovasi, MANIFEST 2023 berikan golden ticket kepada pemenang untuk masuk Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tanpa tes. 

Project Officer Manifest 2023, Rayhan Rizky menyebutkan bahwa Business Case Competition (BCC) tingkat SMA menjadi terobosan baru MANIFEST. Melalui kompetisi tersebut, Akmal Azkiyah dan As Shoffie Mufida dari SMAS Syafana Islamic School berhasil menduduki juara I sekaligus peraih golden ticket Departemen Manajemen Bisnis ITS. “Kecakapan peserta patut diapresiasi, apalagi BBC cukup menantang bagi siswa tingkat SMA,” terang mahasiswa kelahiran Malang tersebut.

deskripsi- Dekan FDKBD

Dekan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, Imam Baihaqi ST MSc PhD dengan bangga memberi sambutan di malam penutupan Manifest 2023

Pemberian golden ticket pun selaras dengan tema tema besar yang diusung MANIFEST 2023, yaitu Act on Your Future. Harapannya, siswa dapat membentuk dan mengarahkan masa depan mereka melalui MANIFEST. Sementara itu, environmental, social, and governance (ESG) menjadi isu yang diangkat pada acara ini. Sejalan dengan hal tersebut, MANIFEST menggandeng Center For Environmental, Social, and Governance (CESGS) sebagai case collaborator.

Rayhan menjelaskan, BBC diawali dengan tahap preliminary dan semifinal secara daring. Selepas semifinal, para peserta diundang ke ITS untuk mengikuti tahap final selama tiga hari. Kegiatan tersebut mencakup business race melalui permainan monopoli, kunjungan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), dan business pitching. “Tak hanya dilatih berpikir kritis, peserta juga berkesempatan untuk bertemu orang-orang di balik BEI dan mengetahui alur kerja perusahaannya,” bangga Rayhan. 

Tak hanya itu, tahun ini MANIFEST juga melebarkan sayap untuk lebih mendunia dengan mengundang mahasiswa asing dari Malaysia. Mahasiswa pun mendapat pengembangan internasional melalui kuliah tamu bersama Associate Professor Departemen Humaniora dan Manajemen Institut Teknologi Manipal, Prof Rajesh Pai.

deskripsi mahasiswa asing

Penyerahan cinderamata oleh Kepala Departemen Manajemen Bisnis, Dr Syarifa Hanoum ST MT kepada Mahasiswa Internasional

Hadir dalam penutupan, Dekan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, Imam Baihaqi ST MSc PhD juga mengungkapkan rasa bangga dan senangnya terhadap kegiatan ini. Ia berharap semoga menjadi pengalaman yang luar biasa bagi peserta dan menjadi bekal untuk kehidupan kerja nanti. Tak luput, Imam juga mengapresiasi atas keberhasilan panitia dalam menyelenggarakan acara. “Semoga Manifest dapat memberi kebermanfaatan bagi mahasiswa dan panitia,” tutupnya dengan bangga.

Melalui sejumlah inovasi yang berhasil dicapai tahun ini, Rayhan melaungkan harapan agar MANIFEST dapat lebih menggali dan mengembangkan potensi kompetisi bisnis ke depannya. Jika di tahun ini dapat menembus 600 tim untuk berkompetisi, maka ke depan bisa ditingkatkan lagi. “MANIFEST 2023… Think youth, think innovative!” teriak Rayhan bersama panitia lainnya menutup acara. (*)

 

Reporter: Silvita Pramadani

Berita Terkait