ITS News

Minggu, 19 Mei 2024
25 Desember 2023, 20:12

KKN Abmas ITS Adakan Pelatihan Ilmu Falak Modern

Oleh : itsdan | | Source : ITS Online
Foto-siswa-SMAN-3-Magetan-dalam-kegiatan-pelatihan-ilmu-falak-modern

Tim KKN Abmas ITS berpose bersama siswa dan siswi SMAN 3 Magetan dalam kegiatan pelatihan ilmu falak modern

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui Kuliah Kerja Nyata dan Pengabdian Masyarakat (KKN Abmas) terus berupaya kembangkan minat belajar masyarakat. Salah satunya dengan memberikan pelatihan ilmu falak modern kepada murid SMAN 3 Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. 

Ketua tim KKN Abmas, Hanifah Saniyyah Salsabila mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan ilmu falak kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Kegiatan ini merupakan pelatihan ilmu falak modern yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Lebih lanjut, mahasiswa yang akrab disapa Hani ini menjelaskan, ilmu falak modern merupakan cabang ilmu astronomi yang mempelajari benda-benda langit menggunakan pendekatan matematika dan fisika modern. “Dalam praktiknya, ilmu falak digunakan sebagai penentu waktu ibadah dan perhitungan hari dalam kalender Islam,” tuturnya.

Foto-dosen-Fisika-ITS-dan-guru-SMAN-3-Magetan

Para dosen pembimbing lapangan Departemen Fisika ITS dan guru SMAN 3 Magetan dalam kegiatan pelatihan ilmu falak modern

Mengawali pelatihan, Dosen Pembimbing Lapangan, Heru Sukamto MSi, memberikan materi mengenai ilmu falak modern pada pelatihan yang dilaksanakan pada 1 September lalu. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh siswa, tetapi juga melibatkan beberapa guru SMAN 3 Magetan. “Mereka mengikuti sesi pemberian materi ini dengan penuh semangat,” tambah mahasiswa Departemen Fisika ITS tersebut.

Setelah materi diberikan, kegiatan selanjutnya adalah merangkai teleskop. Awalnya, tim KKN yang terdiri dari empat mahasiswa Departemen Fisika dan satu mahasiswa Departemen Teknik Sipil ini mempraktekkan cara merangkai alat tersebut. Baru setelahnya, para guru dan murid ikut berpartisipasi.

perangkaian-teleskop-oleh-siswa-SMAN3Magetan

Perangkaian teleskop oleh siswa dan guru SMAN 3 Magetan (kiri) dengan pengawasan tim KKN Abmas ITS

Antusiasme yang besar terlihat dari para guru dan siswa terhadap kegiatan ini. Untuk mendukung antusiasme atas aktivitas tersebut, tim KKN Abmas ITS menghibahkan satu buah teleskop kepada  SMAN 3 Magetan. Tujuan lainnya agar dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran siswa di masa mendatang. 

Terakhir, Hani berharap kegiatan pelatihan dan hibah teleskop ini dapat memotivasi serta mendukung siswa dalam mempelajari ilmu falak lebih lanjut. “Kedepannya, kami berharap murid SMAN 3 Magetan dapat lebih mengembangkan minatnya dalam dunia astronomi, khususnya ilmu falak,” pungkasnya. (*)

 

Reporter : Syahidan Nur Habibie Ash-shidieq
Redaktur : Nurul Lathifah

Berita Terkait