ITS News

Senin, 17 Juni 2024
01 November 2023, 07:11

Prof Dr Ir Sri Gunani Partiwi MT: Ingin Wujudkan Research and Innovative University

Oleh : itsfa | | Source : ITS Online

Bakal Calon Rektor ITS periode 2024-2029 nomor urut 4, Prof Dr Ir Sri Gunani Partiwi MT

Kampus ITS, ITS News – Dalam Pemilihan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Pilrek ITS) tahun ini, nama Prof Dr Ir Sri Gunani Partiwi MT muncul sebagai Bakal Calon Rektor (Bacarek) ITS periode 2024 – 2029 nomor urut 4. Guru Besar Departemen Teknik Sistem dan Industri (DTSI) dari Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS) ini siap untuk membawa ITS ke era research and innovative university dengan berbagai program unggulannya.

Profesor yang akrab disapa Gunani ini memandang bahwa ITS merupakan perguruan tinggi yang memiliki semangat gotong royong yang tinggi. Selama 33 tahun ia mengabdi, ITS telah menunjukan sisi keadilannya dalam memberikan kesempatan kepada seluruh gender baik itu perempuan maupun laki-laki. Pada pemilihan rektor tahun ini, Gunani ingin membuktikan bahwa kehadirannya dalam pencalonan Rektor ITS ke depan merupakan sebuah bukti yang kuat bahwa ITS menjunjung tinggi keadilan.

Berpengalaman menjadi Direktur Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) ITS, Gunani berhasil mengukir berbagai prestasi di bidang akademik hingga nonakademik. Dalam sisi akademik, ia berhasil memperoleh jabatan fungsional tertinggi di jenjang pendidikan tinggi, yakni profesor. Selain akademik, ia juga berhasil melakukan berbagai pengabdian kepada masyarakat (abmas) baik di dalam ITS maupun di luar ITS. “Abmas saya meliputi industri kecil, menengah, hingga berskala besar bahkan nasional,” terangnya.

Menurut perempuan kelahiran Surabaya ini, dinamika di dalam sivitas akademika ITS merupakan kunci kesuksesan dalam mengembangkan ITS ke depan, khususnya dinamika manajemen. ITS perlu berjalan dengan cepat untuk mengejar efisiensi ITS dalam mencapai titel research and innovative university. “Baik buruknya pengalaman di ITS merupakan kunci refleksi diri untuk menjadi lebih baik,” ujarnya.

Dalam melancarkan visi ITS mencapai research and innovative university, anak kelima dari tujuh bersaudara ini ingin membawa ITS lebih mengenal pada era industri 4.0 dan society 5.0. Baginya, ITS periode ke depan harus mengadaptasi prinsip Specific, Measurable, Relevant, and Time Bound (SMART). “Dalam rencana strategis (renstra), saya akan melanjutkan perjuangan rektor sekarang dengan menanamkan nilai SMART ke ITS,” tuturnya.

Tidak hanya prinsip yang diasah, alumnus doktoral Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor tersebut menyatakan bahwa renstra yang ia susun tidak akan jauh dari Rencana Induk Pengembangan (Renip) yang dimiliki oleh ITS. Yakni salah satu milestone Renip yang sudah dilakukan oleh rektor saat ini merupakan peletakkan tonggak pertama dalam mewujudkan research and innovative university. “Salah satu bentuk tonggak pertamanya berada pada perjuangan ITS menuju World Class University (WCU),” katanya.

Demi kemajuan ITS yang melesat, Gunani siap membangun, menyeimbangkan, memaknai, dan mengayomi sivitas akademika ITS melalui Jargon M4D4ni (baca: Madani). Harapannya, jargon tersebut selamanya akan menjadi bukti komitmennya dalam mengabdi penuh kepada ITS. “ITS adalah rumah kita, mari bersama sama menuju masa depan tak terhingga,” tutupnya. (HUMAS ITS)

 

Reporter: Bima Surya Samudra
Redaktur: Rayinda Santriana U S

Berita Terkait