ITS News

Senin, 17 Juni 2024
01 November 2023, 07:11

Agus Muhammad Hatta ST MSi PhD: Ingin Kembangkan Potensi Besar ITS

Oleh : itsdhii | | Source : ITS Online
Gambar bakal calon Rektor ITS nomor urut 2

Bakal Calon Rektor ITS periode 2024-2029 nomor urut 2, Agus Muhammad Hatta ST MSi PhD

Kampus ITS, ITS News — Keinginan untuk mengembangkan potensi besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi penggerak Agus Muhammad Hatta ST MSi PhD mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Rektor (Bacarek) ITS periode 2024-2029. Dosen Departemen Teknik Fisika Fakultas Teknik Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS) ITS ini berkeinginan untuk berkontribusi dalam membangun ITS dan Indonesia.

Pada pemilihan rektor ITS periode 2024-2029 ini, pria yang akrab disapa Hatta tersebut menggaungkan jargon KITA untuk pembangunan ITS yang lebih maju. Jargon KITA merupakan akronim dari Karakter, Inovasi, Tata kelola, dan Amanah. “Pembangunan ITS harus melibatkan niat dan energi seluruh sivitas akademika ITS melalui kepedulian dan kepercayaan seluruh elemen,” tegasnya.

Lelaki yang juga menjabat sebagai Direktur Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi ITS ini mengungkapkan bahwa visi misinya berkaitan dengan pencapaian Rencana Induk Pengembangan ITS. Yaitu memantapkan ITS sebagai universitas riset dan inovasi serta universitas entrepreneur. “Visi misi ini kami tetapkan dengan mempertimbangkan empat aspek,” ungkap dosen Laboratorium Fotonika ini.

Aspek pertama yakni kondisi bonus demografi sekaligus peluang Indonesia untuk melakukan hilirisasi sumber daya alam. Aspek kedua yaitu isu penanganan perubahan iklim. Sementara itu, aspek ketiga adalah transformasi digital yang tengah berlangsung. “Terakhir adalah pentingnya posisi Indonesia untuk berperan dalam memajukan kawasan Association of South-East Asian Nations (ASEAN),” paparnya.

Bapak tiga anak ini juga telah mengukir berbagai prestasi di bidang Tridharma Perguruan Tinggi. Hal ini tercermin melalui artikel ilmiahnya yang menjadi sorotan Journal of Physics B, Institute of Physics. Hatta juga memperoleh penghargaan 110 karya inovasi Indonesia paling prospektif tahun 2018. Selain itu, dia juga sempat meraih peringkat pertama Dosen Berprestasi ITS dan finalis Dosen Berprestasi Nasional.

Menanggapi isu kesejahteraan dosen dan tendik, doktor alumnus Technological University Dublin, Irlandia ini menyadari bahwa hal tersebut merupakan pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan oleh ITS. Menurutnya, kesejahteraan dosen maupun tendik haruslah menjadi perhatian ITS. Kesejahteraan ini tidak hanya mengenai pendapatan bulanan, tetap juga aspek lain seperti kesehatan dan keberimbangan antara pekerjaan, kehidupan rumah tangga, dan kehidupan sosial.

Menurutnya, fokus utama ITS ke depan adalah mengutamakan mahasiswa. Hal ini akan diterapkan melalui peningkatan pengalaman pembelajaran, pendidikan akademis, dan pendidikan karakter untuk menyiapkan mahasiswa menjadi pemimpin berkarakter. Salah satu pengimplementasiannya nantinya akan diterapkan dengan menyediakan fasilitas yang lebih modern dan mendukung Eco Campus serta Smart Campus.

Apabila belum berkesempatan untuk memegang amanah sebagai rektor ITS periode 2024-2029, Hatta sanggup diberikan tugas untuk berkiprah dimanapun oleh ITS, baik di dalam maupun di luar ITS. Selain itu, dirinya juga siap untuk meningkatkan peran Tridarma Perguruan Tinggi di ITS melalui laboratorium yang ditempatinya. (HUMAS ITS)

 

Reporter: Muhammad Fadhil Alfaruqi
Redaktur: Regy Zaid Zakaria

Berita Terkait