ITS News

Sabtu, 18 Mei 2024
20 September 2023, 08:09

Andalkan Kemampuan, Mahasiswa ITS Raih Juara Menembak

Oleh : itszik | | Source : ITS Online

Tri Adyatma, peraih juara pertama lomba menembak Jalaka Paragri V

Kampus ITS, ITS News – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali sukses menjadi jawara. Tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) 802 ITS, Tri Adyatma meraih juara pertama lomba menembak pada Jalaka Paragri V di Universitas Jember selama dua hari sejak 8 Juli lalu.

Sukses menaklukan 82 peserta lain, Adit menjelaskan bahwa pada saat lomba menembak, peserta diberikan kesempatan dua kali tembakan percobaan dan tiga kali tembakan penilaian. Dengan senjata SS1-V1 buatan PT Pindad, satu-satunya delegasi dari Menwa 802 ITS ini diharuskan menembak dengan jarak 100 meter dari target. Dari situ, Adit sukses memperoleh 28 poin dari total 30 poin dengan dua tembakan mendapatkan poin maksimal.

Delegasi Menwa 802 ITS, Tri Adyatma saat mengikuti rangkaian perlombaan Jalaka Paragri V di Universitas Jember

Lebih lanjut, pria asal Bogor tersebut mengungkapkan bahwa kemenangan dalam lomba menembak ini bukanlah kali pertamanya meraih kesuksesan. Pada Oktober 2022, Adit juga berhasil meraih prestasi menembak dalam lomba yang diselenggarakan oleh Menwa 808 Universitas Merdeka Malang. “Selain tenang dan fokus, kunci kemenangan lomba menembak ialah mempunyai pemahaman materi dasar menembak yang baik,” ungkap Alumnus Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cibinong itu.

Menyambung penuturannya, Adit menjelaskan bahwa latihan yang dirinya lakukan hanyalah lari pagi dan olahraga fisik. Aktivitas rutin seminggu sekali itu dilakukan untuk mempersiapkan tiga cabang olahraga (cabor) lomba yang diikutinya dalam Jalaka Paragri V. “Tidak ada persiapan latihan khusus untuk menembak, jadi benar-benar mengandalkan pengalaman, latihan, dan fisik,” terang mahasiswa Departemen Teknik Mesin Industri ITS itu. 

Tri Adyatma (dua dari kiri) bersama teman-temannya saat pertama kali menjalani latihan menembak

Terakhir, Adit mengharapkan dengan adanya perolehan prestasi yang berhasil diukir, Menwa ITS dapat mengirimkan lebih banyak delegasi untuk mengikuti perlombaan menembak. Dengan banyaknya partisipan, Menwa ITS dapat memborong lebih banyak juara pada seluruh cabor Jalaka Paragri VI yang akan diadakan dua tahun lagi. “Untuk saya, semoga bisa konsisten dan memenangkan kejuaraan menembak lagi ke depannya,” tutupnya.

Sebagai informasi, Jalaka Paragri V merupakan ajang perlombaan ketangkasan bagi para anggota Menwa se-Indonesia untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan dasar ilmu kemiliteran anggota Menwa. Perlombaan yang sudah diadakan lima kali ini menyediakan berbagai cabang jenis lomba, dari mulai lintas alam, ketangkasan, hingga menembak. (*)

 

Reporter: Muhammad Aulia Zikra
Redaktur: Yanwa Evia Java

Berita Terkait