ITS News

Jumat, 10 Mei 2024
11 Agustus 2023, 15:08

Gerigi ITS Sambut Mahasiswa Baru dengan Semangat Eksplorasi

Oleh : itsash | | Source : ITS Online

Prosesi estafet obor dari Muhammad Dimas Fikri Alvian, Presiden BEM ITS (kanan) kepada Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng sebagai tanda peresmian Gerigi ITS 2023

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali membakar semangat para mahasiswa baru tahun 2023 melalui gelaran Generasi Integralistik (Gerigi). Hampir 7000 maba melebur menjadi satu di Taman Alumni ITS menyambut kegiatan ini dan menjadi Gerigi ITS dengan peserta terbanyak yang pernah ada.

Gerigi ITS 2023 resmi dibuka pada Kamis (10/8) lalu dengan estafet obor oleh Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, beserta jajarannya. Dalam sambutannya, Ashari mengungkapkan tujuan utama Gerigi ialah membangkitkan semangat belajar mahasiswa sekaligus memperkenalkan dinamika kehidupan kampus di ITS. “Gerigi mengemban misi penting dalam mengokohkan tali persaudaraan antar mahasiswa ITS,” ujarnya menyoroti makna kolaborasi dan integrasi di lingkungan kampus.

Pada kesempatan yang sama Ketua Gerigi ITS 2023, Tittanara Eka Putri Februarna juga turut menyuarakan semangat integralistik di awal acara. Tittanara mengemukakan bahwa Gerigi adalah momentum untuk mempererat tali persaudaraan mahasiswa. “Dalam tiga hari kedepan, momen ini akan menjadi aksi nyata yang menyatukan seluruh maba 2023 ITS,” ucapnya.

Momen integralistik sebagai bagaian dari rangkaian pembukaan Gerigi ITS 2023 yang menunjukkan keberagaman dalam lingkup kampus ITS

Lewat seruan tema Eksplorasi Mahagana, para maba didorong untuk mengeksplorasi dan memahami lebih dalam kehidupan kampus ITS. Eksplorasi berarti penjelajahan dengan tujuan memperoleh pengetahuan lebih banyak, sedangkan Maha memiliki arti besar dan Gana ialah kekayaan. “Harapan akan dimulainya penjelajahan baru bagi mahasiswa baru ITS,” ungkap mahasiswa Departemen Teknik Material Metalurgi ITS ini.

Lebih lanjut, Gerigi ITS menghadirkan parade integralistik yang memukau, drama emosional yang menginspirasi, hingga momen esensial bagi para maba. Dalam parade integralistik, maba dapat menyaksikan hasil riset inovatif dan inspirasi visual akan kemajuan teknologi dari berbagai bidang. Sesi ini dihadiri oleh tim riset yang mengeksplorasi mobil formula listrik, robot terbang, kendaraan air, hingga menyoroti teknologi sifat lintas-disiplin dan inovatif dari riset di ITS.

Potret salah satu kelompok mahasiswa baru Gerigi ITS 2023 bersama panitia pendamping

Tak ketinggalan, kemeriahan Gerigi ITS 2023 semakin terasa dengan sentuhan seni melalui penampilan drama integralistik yang dibawakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Tiyang Alit ITS. Dalam aksi panggungnya, para pemeran berhasil menghadirkan cerita yang menghubungkan para maba dengan esensi nilai-nilai inti kampus. Dengan sentuhan akting yang mendalam, penampilan ini menjadi hiburan tersendiri yang memperkaya pengalaman para peserta Gerigi ITS.

Tidak hanya sekadar acara penyambutan, acara tradisi tahunan ini juga menjadi simbol perjuangan kolaboratif yang mengikat para maba dalam semangat kampus ITS. Gerigi ITS turut menggelar momen integralistik yang penuh makna, di mana seluruh mahasiswa ITS dari berbagai departemen bersatu dalam semangat yang dipandu Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS. Bagian yang paling ditunggu-tunggu ini menciptakan awal yang tak terlupakan bagi maba di kampus ibu yang luhur.

(dari kiri) Dazen Vrilla, jurnalis kondang alumni ITS. Muhammad Dimas Fikri Alvian, Presiden BEM ITS, dan Immanuel Erlangga, Duta ITS dalam gelaran talkshow bertajuk kesehatan mental

Melanjutkan kemeriahan di hari kedua, digelar talkshow yang mengangkat topik kesehatan mental yang dibawakan oleh jurnalis kondang alumnus ITS, Dazen Vrilla. Adapun pembicara lainnya, yaitu Presiden BEM ITS Muhammad Dimas Fikri Alvian serta Duta Kampus ITS Immanuel Erlangga. Talkshow ini mengupas tuntas kiat-kiat vital dalam menjaga kesehatan mental di tengah perjalanan perkuliahan yang penuh tekanan, menawarkan pandangan segar dan solusi konkret bagi mahasiswa ITS.

Terakhir, sebagai penutup sekaligus puncak acara Gerigi ITS 2023 yang akan dirayakan pada Sabtu (12/8) mendatang, maba akan terlibat langsung dalam kegiatan ITS Climate Action. Nantinya, para maba akan terlibat langsung dalam kegiatan pembersihan lingkungan dengan tujuan mengurangi jejak karbon. Acara ini juga menjadi bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis ke-63 ITS yang menunjukkan komitmen ITS dalam menginspirasi perubahan positif dan keberlanjutan. (*)

 

Reporter: Lathifah Sahda
Redaktur: Fauzan Fakhrizal Azmi

Berita Terkait