ITS News

Senin, 20 Mei 2024
08 Juli 2023, 19:07

Sambut Dies Natalis, ITS-DWP Surabaya Gelar Khitanan Massal

Oleh : itsbim | | Source : ITS Online

Foto bersama antara sivitas akademika ITS bersama dengan perwakilan Pemerintah Kota Surabaya dan peserta khitanan massal

Kampus ITS, ITS News Khitan menjadi salah satu tuntunan agama Islam yang mengajarkan pentingnya kebersihan. Mengamini kaidah tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama Dharma Wanita Pusat (DWP) Kota Surabaya mengadakan khitanan massal. Kegiatan ini turut menjadi rangkaian acara Dies Natalis ITS ke-63 yang berlokasi di Departemen Teknik Lingkungan ITS, Sabtu (8/7).

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng mengatakan bahwa kegiatan ini menerapkan tiga dimensi utama, yaitu agama, sosial, dan perayaan. Selain mewadahi para putra muslim untuk melaksanakan syariat khitan, acara ini juga melambangkan inklusivitas ITS kepada masyarakat. “Yang paling penting, ITS berupaya menyosialisasikan pentingnya berkhitan bagi kebersihan dan kesehatan,” ujar Ashari.

Sambutan Wakil Ketua Pelaksana Dies Natalis ITS ke 63 Dr Ir Murni Rachmawati MT pada acara Khitanan Massal ITS

Pada dimensi perayaan, Wakil Ketua Pelaksana Dies Natalis ITS ke-63 Dr Ir Murni Rachmawati MT menjelaskan bahwa khitan massal ini dihadiri oleh 100 peserta. Murni memerinci, 23 peserta adalah anak dari  orang tua civitas academica ITS dan 77 peserta adalah anak dari orang tua masyarakat sekitar. Menurutnya, kesuksesan dimensi perayaan ini tergambar pada raut bahagia seluruh peserta yang berhasil dikhitan oleh tenaga Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) ITS.

Lebih lanjut, Dekan Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (FTSPK) tersebut menyatakan bahwa peserta khitan juga mendapat santunan dan bingkisan dari ITS dan DWP Kota Surabaya. Bahkan, untuk menghibur para peserta, panitia Dies Natalis ITS menyediakan Mobil Autonomous iCar yang diakomodir oleh Tim ITS Robotics. “Budaya arak-arakan setelah khitan yang biasa ditemukan di masyarakat kami lakukan menggunakan iCar,” ucap Murni dengan berseri.

Mobil Autonomous iCar yang digunakan oleh Panitia Dies Natalis ITS ke 63 untuk menghibur peserta khitanan massal

Dengan suksesnya khitanan massal, Ketua DWP Kota Surabaya Shintia Setia Ikhsan SPsi MCom mengakui ITS sebagai salah satu mitra terbaik untuk merealisasikan program Pemerintah Kota Surabaya. Ia berharap, kerja sama serupa tetap terjalin, meskipun rangkaian kegiatan Dies Natalis telah selesai. “Sebuah kehormatan bagi kami apabila ITS selalu mendukung program Pemkot dengan optimal,” tutupnya. (*)

Reporter: Bima Surya Samudra
Redaktur: Difa Khoirunisa

Berita Terkait