ITS News

Rabu, 22 Mei 2024
11 Mei 2023, 17:05

Departemen Teknik Elektro ITS Promosikan Tujuh Doktor Baru Lulusannya

Oleh : itsbar | | Source : ITS Online

Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menambah daftar lulusannya yang bergelar doktor. Kali ini, Departemen Teknik Elektro mengenalkan tujuh doktor lulusannya melalui Promosi Doktor Baru Pascasarjana Teknik Elektro secara virtual melalui Zoom, Rabu (10/5).

Acara yang dihelat pada pagi hari tersebut dimulai dengan sambutan dari perwakilan Komisi Pertimbangan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (KPF), Eko Setijadi ST MT PhD. Eko menuturkan, kegiatan promosi ini diselenggarakan untuk memperkenalkan para doktor baru kepada masyarakat. “Pada kegiatan ini, para doktor akan memaparkan mengenai hasil penelitian dan kontribusi yang telah mereka capai,” ungkapnya.

Ketujuh doktor tersebut adalah Dr Achmad Teguh Wibowo SKom MT, Dr Beauty Anggraheni Ikawanty ST MT, Dr Faanzir Ilyas ST MT, Dr Fitri Amilia ST MT, Dr Irmalia Suryani Faradisa ST MT, Dr Yulianto Tejo Putranto ST MT, dan Dr Firdaus ST MT. Pemaparan pertama dilakukan oleh Dr Achmad Teguh Wibowo SKom MT dengan judul disertasi Optimasi Konsensus Blockchain Berbasis Kombinasi RPCA dan PBFT (R-PBFT) untuk Cryptospatial Coordinate. 

Pada penelitiannya, Achmad berhasil menemukan metode yang dapat meningkatkan keamanan dan kecepatan pemrosesan data konsensus. Ia juga menyebutkan, hasil penelitian yang digarapnya ini bisa diimplementasikan di banyak bidang. “Bisa diterapkan di pariwisata, pendidikan, agama, kesehatan, dan masih banyak lagi,” terangnya.

Pemaparan disertasi oleh salah satu doktor, Dr Faanzir Ilyas ST MT

Setelahnya, Dr Beauty Anggraheni Ikawanty ST MT memaparkan penelitiannya yang berjudul Multiphase Interleaved Boost Converter Riak Rendah Berbasis Split Induktansi dan Bypass Kapasitansi. Pemaparan dilanjutkan oleh Dr Faanzir Ilyas ST MT dengan disertasi berutas Optimasi Pembangkit Listrik Arus Laut-Photovoltaik-Baterai untuk Pemenuhan Listrik Pulau Terpencil.

Sesudah Faanzir, pemaparan diteruskan oleh Dr Fitri Amillia ST MT dengan disertasi berjudul Desain dan Analisa Subarray untuk Antena Massive MIMO 3,5 GHz pada BTS Indoor 5G. Perempuan yang kerap disapa Fitri tersebut mengungkapkan bahwasanya penelitian yang ia kupas telah berhasil berada di taraf jurnal Q1. “Saya berharap penelitian yang saya lakukan bisa terus konsisten di Q1,” beber Fitri.

Lebih lanjut, pemaparan disambung dengan disertasi berjudul Deteksi Arrhythmia pada Detak Jantung Janin menggunakan Optimized Neural Network berbasis Fitur Phonocardiogram Ensemble dan PCA oleh Dr Irmalia Suryani Faradisa ST MT. Irma menyebutkan bahwa inovasi ini mengupayakan penanganan kesehatan janin pada masa kehamilan yang masih terhambat karena mahalnya alat kesehatan dan keterbatasan kuantitas serta kualitas sumber daya manusia.

Kepala Departemen Teknik Elektro, Dedet Candra Riawan ST MEng PhD ketika mengungkapkan harapnya kepada para doktor

Kemudian, Dr Yulianto Tejo Putranto ST MT  mempresentasikan dengan penelitian berjudul Klasifikasi Electroencephalogram (EEG) Motor Imagery dengan Gabungan Dekomposisi Mode Empiris dan Transformasi Wavelet Diskret. Menutup pemaparan pada hari itu, Dr Firdaus ST MT memaparkan disertasinya yang berjudul Perencanaan Optimal Sumber Energi Terbarukan Intermittent pada Sistem Microgrid Mempertimbangkan Aspek Ekonomi, lingkungan, dan Kualitas Daya. 

Usai sambutan, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemaparan disertasi para doktor dan disambung dengan kesan-pesan dari para guru besar di ITS selaku promotor. Kepala Departemen Teknik Elektro, Dedet Candra Riawan ST MEng PhD juga mengungkapkan harapnya kepada para doktor tersebut. “Saya berharap para doktor ini bisa membawa pembaharuan dan bermanfaat bagi masyarakat, terutama di bidang elektro,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Hibar Buana Puspa
Redaktur: Shinta Ulwiya

Berita Terkait