ITS News

Jumat, 19 April 2024
18 Maret 2023, 16:03

1.280 Mahasiswa ITS Dinyatakan Lulus pada Wisuda ke-127

Oleh : indahts | | Source : -

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng saat memberikan pidato pada prosesi Wisuda ke-127 ITS dengan mengobarkan semangat para wisudawan

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menggelar prosesi Wisuda ke-127. Sebanyak 1.280 wisudawan secara resmi dinyatakan lulus oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng pada wisuda yang diselenggarakan selama dua hari, Sabtu-Minggu (18-19/3), bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Futsal Indoor ITS.

Wisudawan terdiri dari jenjang Sarjana Terapan (D4), Sarjana (S-1), Magister (S-2), dan Doktor (S-3). “Total 350 wisudawan di antaranya dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude,” tutur rektor yang akrab disapa Ashari ini.

Pada hari pertama prosesi wisuda, Sabtu (18/3), diikuti oleh wisudawan dari Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (FTSPK), Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD), Fakultas Teknologi Kelautan (FTK), serta Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD). “Jumlah wisudawan hari pertama sebanyak 601 orang,” papar Ashari.

Rektor ITS beserta jajaran pimpinan ITS pada pembukaan prosesi Wisuda ITS ke-127 hari pertama di GOR Futsal Indoor ITS

Dilanjutkan pada Minggu (19/3) besok, wisuda sesi kedua diikuti oleh 679 wisudawan dari Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS), Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC), Fakultas Vokasi (FV), serta Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi (SIMT).

Wisuda kali ini pun tidak lepas dari para sosok lulusan terbaik, mulai dari jenjang Sarjana Terapan (D-4), Sarjana (S-1), Magister (S-2), hingga Doktor (S-3). Predikat wisudawan program S-3 terbaik berhasil diraih oleh Yenni Pintauli Pasaribu dari Departemen Kimia dengan torehan IPK sempurna 4,00. Pencapaian yang sama juga didapatkan oleh mahasiswa S-3 Departemen Kimia lainnya, yaitu Yorinda Buyang dan R. Arizal Firmansyah, yang berhasil memperoleh IPK 4,00.

Penyerahan ijazah oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng (kanan) kepada salah satu wisudawan dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS Akhmad Rizqi Shafrizal

Lebih lanjut, IPK 4,00 pada program S-3 didapatkan pula oleh Deril Ristiani dari Departemen Fisika, Ivan Darma Wangsa dari Departemen Teknik Industri (by Research), serta Vendy Hendrawan Suprapto dari Departemen Manajemen Teknologi.

Predikat wisudawan terbaik program S-2 berhasil diperoleh oleh Alya Awinatul Rohmah dari Departemen Kimia (by Research) dengan IPK 4,00. Wisudawan terbaik program S-2 dengan IPK sempurna 4,00 juga berhasil didapatkan oleh wisudawan dari Departemen Teknik Informatika, yaitu Imam Ghozali dan Sheinna Yendri.

Untuk program S-1, wisudawan terbaik diberikan kepada Steven Wijaksana dari Departemen Aktuaria dengan capaian IPK nyaris sempurna 3,98 dan masa studi 3,5 tahun. Adapun Felysia Isman dari Departemen Teknik Material dan Metalurgi yang turut mendapatkan predikat wisudawan terbaik dengan perolehan IPK 3,97 dan berhasil menyelesaikan studinya dalam tujuh semester. Berikutnya, wisudawan terbaik program D-4 berhasil diraih oleh Albertus Eka Putra Haryanto dari Departemen Statistika Bisnis dengan IPK 3,89.

Prosesi penyerahan wisudawan ITS secara simbolis kepada perwakilan Ikatan Alumni (IKA) ITS pada prosesi Wisuda ke-127 ITS

Apresiasi turut diberikan kepada lulusan termuda hingga tertua pada Wisuda ke-127 ini. Lulusan termuda disandang oleh Salsabilla Aulia Fitri dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan jenjang S-1 dengan usia 20 tahun 3 bulan. Adapun Achmad Helmi yang dari program S-2 Departemen Manajemen Teknologi Manajemen Proyek berhasil lulus sebagai wisudawan tertua di usia 69 tahun 8 bulan.

Pada prosesi wisuda kali ini, ITS turut meluluskan dua mahasiswa asing, yaitu Herjulina Filipe Rangel asal Timor Leste dari Departemen Teknik dan Sistem Industri, serta Peter Steve Ngabwe asal Zambia dari Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota.

Suasana prosesi Wisuda ke-127 ITS hari pertama di GOR Futsal Indoor ITS

Terakhir, Ashari menyampaikan ucapan selamat bagi para wisudawan ke-127 ini dan bersyukur atas sumbangsih para wisudawan yang sudah berhasil mencetak prestasi semasa kuliahnya. Dalam pidatonya, Ashari juga turut memberikan harapan besarnya kepada para wisudawan yang resmi dinyatakan lulus. “Saya berharap para lulusan ITS mampu menjadi tokoh besar di masa mendatang dan bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya berpesan. (HUMAS ITS)

 

Reporter: Frecia Elrivia Mardianto

Berita Terkait