ITS News

Kamis, 28 Maret 2024
14 Maret 2023, 19:03

Luncurkan Kapal Terbaru, Barunastra ITS Siap Berjaya Lagi di Amerika

Oleh : indahts | | Source : ITS Online

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng ketika menyampaikan sambutannya pada acara launching Kapal Nala Proteus dan pelepasan Tim Barunastra ITS 2023 untuk berlaga di Amerika

Kampus ITS, ITS News – Tim Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) siap berlaga dan mengukir prestasi kembali di ajang International Roboboat Competition 2023 di Florida, Amerika Serikat. Kali ini, tim kapal robot kebanggaan ITS ini siap berkompetisi lewat kapal terbarunya, Nala Proteus, yang diluncurkan secara resmi di halaman Gedung Rektorat ITS, Selasa (14/3).

Kapal terbaru tersebut diluncurkan langsung oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng. Tim Barunastra akan bertarung dengan tim dari kampus-kampus ternama dunia pada tanggal 22 – 28 Maret mendatang.

Dalam sambutannya, Ashari menyampaikan dukungannya kepada tim Barunastra ITS yang telah empat kali berjaya di ajang yang sama sebelumnya. “Ini adalah karya yang luar biasa dari mahasiswa ITS, saya yakin tim Barunastra ITS bisa kembali membawa gelar juara untuk kali kelima,” tandasnya optimistis.

GM Tim Barunastra ITS Fariz Rayyan Januar (kiri) ketika mendeskripsikan kapal Nala Proteus kepada Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (kanan)

Guna mempersiapkan lomba yang diadakan selama tujuh hari berturut-turut tersebut, tim Barunastra telah mempersiapkannya sejak akhir tahun 2022 guna memperoleh hasil maksimal. “Kami menambahkan beberapa inovasi, di antaranya pada propulsi kapal dan lambung timbul kapal,” ungkap General Manager Tim Barunastra ITS Fariz Rayyan Januar.

Rayyan, sapaan karibnya, menambahkan bahwa pada kapal sebelumnya masih terdapat kekurangan di bagian lambung timbul kapal. Tipisnya jarak antara air dan lambung kapal dapat membahayakan komponen elektrik kapal.

Kapal terbaru tim Barunastra ini diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan sebelumnya dengan memperlebar jarak air dan lambung kapal.

Tim Barunastra ITS menyaksikan demonstrasi kapal Nala Proteus yang beraksi di atas kolam depan Rektorat ITS

Selain dari segi lambung timbul kapal, perubahan kapal juga dapat dilihat dari sistem propulsinya. Sistem propulsi yang dimiliki kapal Nala Proteus ini menggunakan sistem dengan gaya dorong dan torsi yang lebih besar dibanding propulsi kapal Barunastra sebelumnya.

“Dengan sistem propulsi tersebut, kapal terbaru kami dapat melaju hingga kecepatan 5 knot,” ujar mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan tersebut.

Lebih lanjut, Rayyan mendeskripsikan bahwa kapal Nala Proteus memiliki panjang 0,97 meter dan lebar 0,84 meter. Kapal baru besutan tim Barunastra ini menggunakan bahan fiberglass atau kaca fiber yang sifatnya kuat. Dengan bahan tersebut, diharapkan mampu untuk menyelesaikan delapan misi pada perlombaan bergengsi tahunan ini.

Demonstrasi Kapal Nala Proteus milik Tim Barunastra ITS pada misi waterblast yang akan diperlombakan pada ajang International Roboboat Competition 2023 di Florida, AS

Untuk menghadapi ajang internasional, tim Barunastra sudah beberapa kali melakukan percobaan dan mengoptimalkan kinerja kapal. “Dengan inovasi terbaru tim Barunastra, kami yakin bisa kembali menjadi juara dan mengharumkan nama ITS serta bangsa Indonesia,” tegas Rayyan optimistis.

Kegiatan peluncuran Nala Proteus ini juga dihadiri beberapa jajaran pimpinan ITS, para pembina UKM Robotika ITS, serta undangan lainnya. Usai resmi diluncurkan, kapal Nala Proteus juga melakukan demo ketangkasannya di hadapan awak media di kolam depan Rektorat ITS. (HUMAS ITS)

 

Reporter: Mohammad Febryan Khamim

Berita Terkait