ITS News

Kamis, 28 Maret 2024
04 Maret 2023, 15:03

Terus Galakkan Internasionalisasi, ITS Kembali Gelar CommTECH Insight

Oleh : itsdhii | | Source : ITS Online

Para peserta CommTECH Insight 2023 Sub Course C&D berfoto bersama di Kantor Rektorat saat acara pembukaan kegiatan

Kampus ITS, ITS News  Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali gelar Community and Technological Camp (CommTECH) Insight 2023 Sub Course C&D. Melalui sub kursus ini, peserta belajar ergonomi kognitif serta pengendalian polusi udara di kota dari perspektif SDGs. 

CommTech merupakan program internasional jangka pendek (short program) ITS yang diperuntukkan bagi para civitas akademik, mahasiswa, dan dosen dari banyak universitas di berbagai dunia. Di tahun ini, CommTECH Insight mengangkat tema Solving Local Problems with Global Knowledge dan diikuti 33 partisipan yang berasal dari enam negara, diantaranya Filipina, Jepang, Malaysia, Taiwan, Thailand, dan India.

Coordinator Committee CommTECH, Andrew menjelaskan CommTECH pada tahun ini dilaksanakan sebagai Program Project based Learning (PbL) yang dibagi menjadi empat sub kursus. Sub Kursus A adalah How to Build Autonomous Ships. Sub Kursus B, Sociopreneurship in Action. Sub Kursus C, Cognitive Ergonomics: Fundamentals & Applications. Sedangkan Sub Kursus D, Municipal Air Pollution Control from SDGs Perspectives: How to deal with it.

CommTECH Insight 2023 yang dilaksanakan tanggal 27 Februari hingga 10 Maret 2023 kali  ini mengangkat sub kursus C dan D. Pada sub kursus C para peserta akan mempelajari dasar-dasar proses kognitif manusia dari persepsi ke tindakan. Selanjutnya, dibahas juga mengenai aplikasi ergonomi kognitif kontemporer, seperti interaksi manusia-komputer, keandalan manusia, merancang antarmuka yang efektif, evaluasi proses kognitif, dan evaluasi UI/UX. 

Adapun pada sub kursus D, topik pembahasan para partisipan adalah kasus masalah udara kota, esensial, dan pengendaliannya dari perspektif Sustainable Development Goals. Dalam kursus ini, peserta mempelajari esensi masalah udara kota, menyelidiki sumber pencemar udara di kota, pemodelan sederhana untuk penyebaran polusi udara, hingga meningkatkan kualitas udara kota dari perspektif SDGs. 

Selama dua pekan di Indonesia, para partisipan akan menjalani berbagai kegiatan di departemen yang sesuai dengan sub kursus pilihan mereka. Departemen ini yang akan membantu menjadi pemandu acara dan menunjang kegiatan kursus melalui fasilitas yang dimiliki. Sub kursus C dilaksanakan di Departemen Teknik Sistem dan Industri, sedangkan sub kursus D di Departemen Teknik Lingkungan.

Unit Kegiatan Tari Karawitan ITS saat menampilkan tari remo saat pembukaan CommTECH Insight 2023 Sub Course C&D

Sesuai dengan salah satu tujuan CommTECH Insight 2023 sebelumnya, ITS juga turut mengenalkan budaya Indonesia kepada para partisipan. Salah satu pengenalannya adalah saat kegiatan pembukaan yang dilaksanakan di Kantor Rektorat ITS melalui Tari Remo, sebuah tarian tradisional asal Jombang, Jawa Timur. “Nantinya para peserta juga akan mengikuti kegiatan Traditional Games, Fun Bahasa Indonesia, Cultural Session dan berbagai kegiatan non akademik lainnya,” ujar  Andrew.

Selain kegiatan CommTECH Insight 2023 ini, ITS juga melakukan berbagai kegiatan Internasionalisasi lainnya. Beberapa dari kegiatan tersebut adalah Fun Bahasa Indonesia Cultural Course, From Student For Student, Let Study Abroad, dan masih banyak kegiatan internasionalisasi lainnya. (*)

 

Reporter: Muhammad Fadhil Alfaruqi
Redaktur: Shinta Ulwiya

Berita Terkait