ITS News

Kamis, 28 Maret 2024
20 Februari 2023, 17:02

ITS Gandeng Panasonic dalam Pemasangan PJU Hemat Energi

Oleh : Eda | | Source : its.ac.id

Diskusi ITS dengan PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacturing Indonesia dipimpin oleh Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MScEng PhD (tengah) dan Direktur Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) ITS Agus Muhammad Hatta ST MSi PhD (kanan) dalam Pemasangan PJU Hemat Energi

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus bertekad menerapkan teknologi di bidang energi ramah lingkungan. Hal ini dibuktikan melalui kerja sama yang telah dilakukan ITS dengan PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacturing, dalam hal pemasangan serta pengembangan Penerangan Jalan Umum (PJU) di kawasan kampus ITS yang menggunakan lampu light-emitting diode (LED).

Melalui kunjungannya ke kampus ITS, Senin (20/2), rombongan dari PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacturing bermaksud untuk menyampaikan progres dan meninjau secara langsung proses pemasangan lampu PJU di area kampus ITS.

“Hal ini dilakukan ITS dan Panasonic sebagai salah satu upaya bentuk penghematan energi agar mampu mengurangi penggunaan daya dan mengurangi pengeluaran biaya listrik,” jelas Direktur Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) ITS Agus Muhammad Hatta ST MSi PhD.

LED Smart System

Menurut dosen yang biasa disapa Hatta ini, untuk pemasangan PJU ini dilakukan pergantian dari lampu konvensional menjadi lampu LED. Dosen Departemen Teknik Fisika ini menerangkan, nantinya lampu LED tersebut dilengkapi dengan smart system, yakni sebuah sistem monitoring untuk memantau secara langsung kondisi lampu. “Bersama dengan Panasonic, kami ingin lampu LED ini ada fitur smart system,” ujarnya.

Sejalan dengan Hatta, Direktur PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacturing Indonesia Lukman Widarmanto mengungkapkan bahwa fitur tersebut sangat dibutuhkan untuk memberikan data aktual terkait penggunaan energi oleh lampu.

Melalui sistem tersebut, nantinya bisa mengetahui daya yang dibutuhkan serta biaya yang dikeluarkan untuk operasional PJU ini. “Harapannya, kita dapat mengurangi pengeluaran biaya untuk PJU,” tegas Lukman.

Direktur PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacturing Indonesia Lukman Widarmanto (tengah) menyampaikan inovasi serta pengembangan lampu LED pada pemasangan PJU di kampus ITS

Hatta pun mengungkapkan, pemasangan PJU dengan lampu LED ini sudah dilakukan ITS sejak tahun 2022, namun baru di kawasan Taman Alumni ITS. Meskipun dilakukan secara bertahap, penggantian PJU dengan lampu LED di seluruh Kawasan kampus ITS ditargetkan bisa selesai pada tahun ini.

“Harapannya, dengan adanya penggantian PJU konvensional menjadi lampu LED ini mampu berkontribusi dalam penghematan energi pada skala kampus,” tutupnya.

Pada pertemuan yang dihelat di Ruang Sidang Gedung Rektorat ITS tersebut juga dihadiri oleh Wakil Rektor IV Bambang Pramujati ST MScEng PhD yang membawahi bidang riset, inovasi, kerja sama, dan kealumnian ITS. Tidak hanya itu, hadir juga Heru Santoso selaku Wakil Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacturing Indonesia. (HUMAS ITS)

Reporter: Regy Zaid Zakaria

Berita Terkait