ITS News

Sabtu, 11 Mei 2024
18 Februari 2023, 15:02

Beri Wadah Berekspresi, ITS Tingkatkan Kepercayaan Diri ABK

Oleh : itswan | | Source : ITS Online

Para ABK dari Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus tengah memamerkan hasil lukisan kainnya dalam Gebyar Ngopi Komunitas 3.0, Minggu (12/2)

Kampus ITS, ITS News – Kerap kali dipandang berbeda, anak berkebutuhan khusus (ABK) cenderung memiliki kepercayaan diri yang rendah. Melihat hal itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menginisiasi Gebyar Ngopi Komunitas 3.0 sebagai wadah ABK untuk berekspresi dan membangkitkan kepercayaan dirinya, Minggu (12/2).

Ketua pelaksana kegiatan, Jinan Elvaretta menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan menunjukkan komitmen BEM ITS dalam membantu masyarakat di sekitarnya. Kali ini, Gebyar Ngopi Komunitas 3.0 berhasil menggandeng sejumlah 18 ABK dan bekerja sama dengan Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus.

“Para ABK ini kami ajak berinteraksi dan diberikan pengajaran guna meningkatkan kepercayaan dirinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Jinan menjelaskan bahwa pengajaran yang diberikan kepada para ABK berlangsung selama enam hari sebelum acara Gebyar Ngopi Komunitas 3.0 ini dilakukan. Pengajaran praktikal berupa memasak, melukis, menghias kain dengan tinta, hingga membuat gelang manik-manik dikemas dalam bentuk yang menyenangkan sehingga para ABK tidak bosan.

“Karya-karya tersebut dipajang dan dipamerkan dalam Gebyar Komunitas 3.0,” terangnya.

Selain karya-karya tersebut, mahasiswi Departemen Teknik Instrumentasi ini berujar bahwa para ABK juga turut memeriahkan acara lewat agenda fashion show, mengaji, hingga menari. Dengan bangga, para ABK berhasil menyuguhkan penampilan terbaik mereka.

“Dalam gelaran ini, mereka cukup ekspresif dan percaya diri di hadapan banyak orang,” cetusnya.

Aksi dua ABK saat menampilkan fashion show (kiri) dan tari tradisional (kanan) di atas panggung

Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, Jinan berharap Gebyar Ngopi Komunitas 3.0 mampu meningkatkan kepercayaan diri para ABK Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus. Selain itu, dirinya pun berharap para orang tua dan mahasiswa yang hadir dalam acara ini menjadi lebih perhatian terhadap ABK dengan tidak memandangnya berbeda.

“Semoga kegiatan seperti ini dapat berlanjut hingga ke depannya,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Irwan Fitranto
Redaktur: Erchi Ad’ha Loyensya

Berita Terkait