ITS News

Jumat, 24 Mei 2024
30 Januari 2023, 19:01

Menyongsong 2023, ITS Gelorakan Slogan Reach for the Top

Oleh : itssil | | Source : ITS Online

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng dobrak semangat seluruh sivitas akademika ITS dalam Pidato Rektor Awal Tahun 2023, Senin (30/1)

Kampus ITS, ITS News – Menyongsong tahun 2023 dengan penuh antusias, Institut Teknologi Sepuluh Nopember berkomitmen meningkatkan kualitasnya di kancah nasional maupun internasional. Untuk itu, melalui Pidato Rektor Awal Tahun 2023, Senin (30/1), Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng dobrak semangat seluruh sivitas akademika ITS lewat slogan “Reach for the Top”.

Slogan yang akan menjadi tombak semangat baru Kampus Pahlawan ini mewakili harapan agar ITS dapat terus membumi dan mendunia. Pasalnya, menilik tahun-tahun sebelumnya, ITS memang mengalami kemajuan yang pesat dan banyak mengepakkan sayapnya di kancah dunia.

Hal tersebut salah satunya dibuktikan pada Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings 2023, di mana ITS berada pada urutan 701 dunia. Secara bersamaan, ITS juga menempati peringkat 41 versi UI Greenmetric World University Rankings 2022 yang melibatkan 1.050 universitas dari 85 negara di seluruh dunia. “Sementara itu, di kancah nasional, ITS berhasil menduduki peringkat kelima” ungkap Ashari.

Pemaparan transformasi pendidikan oleh Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng

Lebih lanjut, 12 tropi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dikti Ristek) juga berhasil disabet ITS pada tahun 2022 lalu. “Di samping itu, banyaknya lulusan yang berkarier, jumlah capaian riset, hingga kemampuan pengelolaan program internasional turut menjadi kabar membanggakan bagi ITS,” ujarnya.

Menurut guru besar Teknik Elektro ini, untuk mempertahankan keberhasilan dan merealisasikan slogan “ITS Reach for the Top”, diperlukan tiga upaya. Upaya tersebut di antaranya adalah melakukan transformasi pendidikan, memperluas lingkup keilmuwan, hingga pembangunan infrastruktur baru. Menyikapi itu, ITS akan semakin menggencarkan pembangunan tower, smart classroom, gedung workshop, hingga mengoptimalkan laboratorium dengan melengkapi fasilitas dan penambahan kapasitas.

Di usianya yang hampir menginjak ke-63 tahun ini, ITS memang masih berputar pada lingkup teknologi. Menyikapi itu, ITS akan berupaya melebarkan sayap keilmuan di bidang kesehatan di tahun 2023. “Untuk itu, tahun ini kami akan lebih berfokus pada pengembangan sekaligus pembangunan Fakultas Kedokteran,” tegas laki-laki berkacamata ini.

Penghargaan Rektor Award 2023 kategori Unit Kerja dengan Sumbangsih Dana Terbesar diberikan kepada Sekolah Ilmu Manajemen Teknologi (SIMT)

Seluruh keberhasilan ITS yang sudah dipaparkan Ashari tentu tak luput dari jerih payah seluruh departemen, fakultas, hingga pusat penelitian di ITS. Maka dari itu, dalam kesempatan ini, Ashari turut memberikan Rektor Award untuk mengapresiasi elemen-elemen yang terlibat. Penghargaan untuk departemen terbagi menjadi beberapa kategori, mulai dari Sumbangsih Dana Terbesar, Jumlah Prestasi Nasional dan Internasional Tertinggi, Rasio Publikasi Internasional Scopus Tertinggi, hingga Rasio HKI Tertinggi.

Selanjutnya, apresiasi juga diberikan bagi fakultas dengan Pengelola Peningkatan Jabatan Fungsional Terbaik. Tak hanya itu, pusat penelitian yang memenuhi kategori Penerima Dana Kerja Sama Penelitian Dalam Negeri Maupun Luar Negeri turut dianugerahi penghargaan. “Hal ini diharapkan agar ketercapaian tiap unit kerja di ITS dapat terus berkembang dan berelaborasi,” pungkas Ashari mengakhiri. (*)

 

Reporter: Silvita Pramadani
Redaktur: Erchi Ad’ha Loyensya

Berita Terkait