ITS News

Selasa, 31 Januari 2023
18 Januari 2023, 08:01

Kembangkan Urban Farming, PSEC ITS Berhasil Budidayakan Melon

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Tampak buah melon hijau dan melon kuning hasil panen tim PSEC ITS

Kampus ITS, ITS News — Setelah sukses dengan perkebunan sayur organik, Tim Pengembangan Smart Eco Campus (PSEC) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali memanfaatkan lahan kampus dengan pembudidayaan buah melon. Lewat program Eco Urban Farming, tim ini berhasil melakukan panen sebanyak dua kali sejak bulan Juni 2022.

Kepala Unit Pengembangan ITS Smart Eco Campus Dr Ir Susi Agustina Wilujeng ST MT menjelaskan, program budidaya tanaman ini telah diinisiasi sejak tahun 2013 silam. Tetapi, mulanya hanya berfokus pada sayuran yang dipanen tiga kali dalam sepekan. 

Kemudian seiring waktu, PSEC ingin mengembangkan jenis budidaya Eco Urban Farming pada buah-buahan. Lalu, dipilihlah melon hijau dan kuning sebagai varian buah yang dibudidayakan. “Hasil panen dari kedua melon ini dapat dinikmati sivitas akademika ITS serta masyarakat sekitar,” ungkap Susi. 

Ia mengatakan, ada beberapa alasan mengapa memilih melon sebagai jenis tanaman baru yang dibudidayakan. Pertama, karena buah ini dinilai memiliki masa panen yang relatif lebih cepat dibandingkan buah lainnya yakni hanya sekitar tiga bulan. Selain itu, melon juga merupakan salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat. 

Proses penimbangan buah melon hasil panen tim PSEC ITS

Tak berhenti di situ, Susi berujar, proses penanaman yang dilakukan menggunakan bahan organik. Hal tersebut bertujuan agar tidak merusak lingkungan dan buah yang dipanen bebas dari bahan kimia yang berbahaya. “Sehingga, masyarakat yang akan mengonsumsi buah hasil panen tidak perlu risau tentang dampak negatif yang ditimbulkan,” jelasnya.

Ke depannya, Unit PSEC ITS akan terus berupaya mengembangkan berbagai potensi dalam upaya-upaya cerdas mewujudkan ITS Smart Eco Campus. Menurut Susi, dengan berhasilnya panen buah melon, menjadi salah satu kabar menggembirakan di awal tahun ini.

Dosen Departemen Teknik Lingkungan ini menuturkan, Unit PSEC ITS ke depannya akan terus berupaya mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki ITS, khususnya hal yang berkaitan dengan lingkungan. “PSEC ITS pun akan terus melakukan upaya-upaya cerdas guna mewujudkan ITS Smart Eco Campus,” tandasnya di akhir. (*)

 

Reporter: Mohammad Febryan Khamim
Redaktur: Fatima Az Zahra

Berita Terkait