ITS News

Jumat, 27 Januari 2023
12 Januari 2023, 10:01

Mahasiswi ITS Raih Juara 2 Taekwondo Menpora Cup 2022

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Zenni Zhezhilia Rachman (kanan), mahasiswi ITS peraih Juara 2 Indonesia Best of The Best Virtual Taekwondo Championship Menpora Cup 2022

Kampus ITS, ITS News — Sukses berkontribusi lewat teknologi dan inovasi, insan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tak luput mendulang prestasi di cabang bela diri. Prestasi kali ini ditorehkan oleh mahasiswi Departemen Teknik Kimia ITS, Zenni Zhezhilia Rachman yang berhasil meraih Juara 2 Indonesia Best of The Best Virtual Taekwondo Championship Menpora Cup 2022.

Zenni menjelaskan bahwa kejuaraan taekwondo virtual yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia ini diikuti oleh semua kategori usia dalam kancah nasional. Berlangsung sejak Oktober hingga akhir November 2022, terdapat dua kategori yang dilombakan pada kompetisi ini, yakni speed kicking dan poomsae. Mahasiswi asal Malang ini sendiri berhasil menyabet gelar pada kategori poomsae senior putri.

Lebih lanjut, Zenni menjabarkan bahwa poomsae merupakan rangkaian teknik gerakan dasar serangan dan pertahanan diri yang dilakukan melawan lawan yang imajiner dengan mengikuti diagram tertentu. Menurut Zenni, kategori ini dapat dikatakan sebagai gerakan seni pada bela diri Taekwondo yang menuntut adanya keselarasan antara akurasi, presentasi, serta ekspresi atlet yang bertanding. “Teknik ini lebih menekankan pada ketepatan serta keselarasan posisi kaki dan tangan,” tambahnya.

Perolehan skor akhir yang mengantarkan Zenni meraih juara dua Indonesia Best of The Best Virtual Taekwondo Championship Menpora Cup 2022.

Selama persiapan menuju kejuaraan, perempuan kelahiran 17 Oktober 2002 ini mengaku berlatih sendiri selama tiga minggu di sela kesibukannya menjalani aktivitas sebagai mahasiswa baru. Kendati demikian, semangat Zenni untuk menorehkan prestasi di bidang yang telah digelutinya sejak bangku Sekolah Menengah Atas ini tidaklah surut. “Dalam menekuni bidang ini, yang terpenting adalah konsisten dan semangat,” ujarnya.

Merespon kemenangan ini, Zenni merasa bangga namun tak ingin cepat berpuas diri. Peraih Juara 2 Taekwondo Kejuaraan Provinsi Jawa Timur 2022 lalu ini membeberkan bahwa prestasi yang ditorehkannya akan dijadikan pecutan untuk terus meningkatkan kemampuan dan menambah pengalaman.

Ke depan, Zenni berharap tak hanya dapat membanggakan klub namun juga mengharumkan nama ITS. “Semoga saya bisa menekuni bidang ini dengan lebih optimistis dan mendapat dukungan dari banyak pihak di pertandingan-pertandingan selanjutnya,” tandas alumnus SMA Laboratorium UM ini. (*) 

 

Reporter: Shafa Annisa Ramadhani
Redaktur: Erchi Ad’ha Loyensya

Berita Terkait