ITS News

Rabu, 08 Februari 2023
01 Januari 2023, 08:01

Kulik Kisah Shania Indira, Duta Kampus ITS 2022

Oleh : itsfa | | Source : ITS Online

Shania Indira Putri ketika dinobatkan sebagai Duta Kampus ITS 2022

Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah memilih Duta Kampus baru sebagai representasi karakter ITS yang cerdas, amanah, kreatif, inovatif, dan berprestasi. Sebagai wajah baru Kampus Perjuangan, Shania Indira Putri membagikan kisah perjuangannya menyabet gelar Duta Kampus ITS 2022.  

Mahasiswa Teknik Kelautan angkatan 2020 ini menekankan bahwa duta kampus bukan hanya sebagai jabatan, melainkan kesempatan mendengar langsung keresahan yang dialami mahasiswa. “Aku bisa menjembatani aspirasi antara sivitas akademika di ITS,” tutur perempuan asal Pasuruan tersebut.

Shania menyadari, salah satu peran pentingnya sebagai duta kampus adalah menyebarkan citra positif ITS. Bagi Shania, dengan adanya duta kampus, pengetahuan masyarakat akan ITS berpotensi lebih terbuka karena dirinya bisa lebih dekat dengan masyarakat, khususnya mahasiswa dan kawula muda sebagai pasar utama.

Duta Kampus ITS, M Huda Fatchur Rohman dan Shania Indira Putri turun langsung menjadi pembawa acara dalam Penerimaan Mahasiswa Baru ITS

Shania mengakui, seni berbicara yang harus dikuasai seorang duta memang menjadi bidang ketertarikannya. Duta kampus Shania anggap sebagai wadah yang mampu mengembangkan minatnya di bidang komunikasi lewat berbagai kegiatan mulai dari memimpin acara, memberi sambutan, hingga bersosialisasi dengan perwakilan mitra ITS. 

Bukan pengalaman baru bagi Shania dalam memangku gelar duta. Usut punya usut, dirinya aktif berkecimpung di bidang perdutaan sejak tahun 2019. Beberapa amanah yang pernah ia ampu antara lain Duta Gemarikan, Duta Felari PPI Dunia, Duta Genre Pasuruan, Duta Inspirasi Indonesia, Duta Ambassador for Peace, hingga Duta Parlemen Remaja Jawa Timur.

Mahasiswa pemegang Beasiswa Anak Gemilang dari Ruangguru ini bercerita  perjuangan menjadi duta kampus adalah seleksi terpanjang di antara seleksi duta lainnya. Sebelum dikarantina, ia dan sepuluh finalis lainnya melalui tiga tahap wawancara yang dinilai oleh Unit Komunikasi Publik (UKP) ITS dan ITS International Office (IO). Ia pun mendapat wawasan langsung dari Sekretaris Institut dan beberapa mitra kampus.

Duta Kampus ITS 2022, M Huda Fatchur Rohman dan Shania Indira Putri saat menghadiri acara besar ITS

Tak ingin perjuangannya sia-sia, Shania memaksimalkan tugasnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Media sosialnya penuh dengan konten edukasi, beasiswa, informasi lomba, hingga tips sebagai mahasiswa. Cerdasnya, konten yang memuat informasi seputar ITS selalu diberi tagar #KnowITShania sehingga unggahannya saling terhubung. “Sosial media menjadi wadah pemasaran dan komunikasiku,” terangnya antusias.

Diamanahi tanggung jawab yang besar, Shania berharap dapat fokus menjalani peran sebagai duta kampus. Besar keinginannya untuk berkontribusi membangun ITS sebagai institut penyumbang prestasi dan membanggakan negeri. (*)

Reporter: Difa Khoirunisa
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait