ITS News

Kamis, 28 Maret 2024
31 Desember 2022, 10:12

JMMI ITS Galakkan Abmas ke Kampung Mitra

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Segenap relawan Abmas JMMI ITS pada kegiatan JMMI Mengabdi

Kampus ITS, ITS News – Menguatkan perannya untuk masyarakat, Jamaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) galakkan Pengabdian kepada Masyarakat (Abmas) di kampung mitra Desa Kejawan Putih Tambak. Kegiatan ini diwarnai dengan program JMMI Mengajar dan JMMI Mengabdi.

Wakil Ketua Divisi Abmas JMMI, Wina Estantia mengungkapkan bahwa rangkaian kegiatan yang dilangsungkan oleh JMMI ITS ini bertujuan untuk memberi kebermanfaatan kepada masyarakat setempat. “Sebagai komunitas muslim dari kampus yang berbasis teknologi, kami ingin memberdayakan masyarakat di daerah tersebut,” tutur perempuan yang akrab disapa Wina ini.

Untuk merealisasikan tujuan, mahasiswi dari Departemen Teknik Geomatika itu menerangkan bahwa terdapat dua rangkaian kegiatan pada abmas. Kegiatan yang pertama ialah JMMI Mengajar. “JMMI Mengajar merupakan kegiatan penyampaian edukasi kepada anak-anak di Panti Asuhan Abul Yatim,” paparnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa materi yang diajarkan berupa materi dasar bagi anak pada jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) seperti Matematika dan Bahasa Inggris. “Pada kegiatan ini, anak-anak akan belajar bersama relawan dari mahasiswa ITS,” imbuhnya.

Kegiatan yang diselenggarakan selama tujuh hari, hingga 4 Desember lalu ini mendapat sambutan hangat dari panti asuhan lokal. “Anak-anak antusias dalam belajar dan pengasuh panti sangat bersyukur dengan bantuan dari JMMI Mengajar,” ungkap Wina.

Relawan Abmas JMMI ITS saat melakukan kerja bakti di Kampung Mitra

Beranjak dari JMMI Mengajar, mahasiswi angkatan 2020 tersebut menjabarkan program kedua, JMMI Mengabdi. Pada kegiatan ini, Wina dan segenap relawan memaksimalkan gerakan pemberdayaan mereka. “JMMI Mengabdi ini lebih fokus pada pendekatan kepada masyarakat sekitar,” ujarnya.

JMMI Mengabdi berjalan dua hari, hingga Ahad (18/12) di Balai RT 1 Kampung Mitra. Beberapa rangkaian kegiatan ini di antaranya ialah penyuluhan makanan Halal dan bakti sosial. “Kami membagikan donasi seperti uang, buku, sembako, alat ibadah, dan lainnya,” sebut Wina.

JMMI ITS juga bekerja sama dengan Dinas Kebersihan dan Tata Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya melangsungkan kerja bakti. Kegiatan ini meliputi pembersihan dan pengangkutan sampah dari lingkungan tempat tinggal masyarakat.

Menutup serangkaian Abmas JMMI ITS, warga kampung mitra dan seluruh panitia melakukan senam bersama. “Warga setempat senang dan antusias dengan program kami, semoga ke depannya hal ini dapat berkelanjutan,” pungkas Wina. (*)

 

Reporter: Hibar Buana Puspa
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait