ITS News

Kamis, 25 April 2024
19 Desember 2022, 22:12

Despro ITS Wadahi Diskusi antara Dosen dengan Guru SMA

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Kepala Departemen Desain Produk, Bambang Tristiyono ST MSi ketika menyampaikan materi tentang relevansi desain produk pada pembelajaran siswa SMA

Kampus ITS, ITS News — Dunia desain produk (despro) masih cukup awam bagi pelajar SMA. Selaras menjawab kondisi ini, Departemen Desain Produk Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar diskusi antara dosen dan guru SMA sederajat dari wilayah Surabaya, Sidoarjo, hingga Gresik, Selasa (6/12).

Kepala Departemen Desain Produk ITS, Bambang Tristiyono ST MSi menjelaskan bahwa despro merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tentang perancangan sebuah produk. Despro dapat melahirkan aneka produk dari ragam sektor, mulai dari bidang transportasi, mode, elektronik, dan masih banyak lagi. 

Peserta sosialisasi dari kalangan guru SMA sederajat di wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik

Pria yang akrab disapa Bambang ini melanjutkan, bidang keilmuan despro sangat relevan dengan pembelajaran yang ada di bangku SMA. Menurutnya, saat mahasiswa despro mempresentasikan suatu desain produknya, ia harus memiliki kemampuan bahasa yang baik serta kepercayaan diri. “Hal ini merupakan dasar yang sudah dibangun sejak SMA,” ujarnya.

Bambang menambahkan, untuk menjadi mahasiswa despro, calon mahasiswa tidak perlu memiliki latar belakang keilmuan tertentu di bangku SMA. Maknanya, mahasiswa Despro ITS dapat berasal dari bidang peminatan IPA, IPS, Bahasa, dan lainnya. “Hal penting adalah memiliki minat tinggi pada bidang ini,” sambungnya.

Pria ini mengungkapkan, calon mahasiswa despro perlu memiliki dasar kemampuan dalam desain dan menyampaikan konsep rancangannya dengan baik. “Jadi tidak perlu ahli menggambar karena nanti akan dipelajari seiring proses studi di Despro ITS,” tambahnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Departemen Desain Produk ITS ini menjadi satu rangkaian kegiatan dengan Olimpiade Desain Produk Nasional 2022 Departemen Desain Produk ITS. Ke depannya, Despro ITS ingin terus mendekatkan dunianya agar lebih dikenal para siswa SMA. (*)

 

Reporter: Mohammad Febryan Khamim
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait