ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
16 Desember 2022, 09:12

ITS Bantu Kenalkan Potensi Wisata Desa Melalui GIS

Oleh : itsqih | | Source : ITS Online

Tampilan laman utama dari situs berbasis Geographic Information System (GIS) untuk wisata Desa Sekar, Kabupaten Pacitan

Kampus ITS, ITS News – Kurangnya promosi menjadikan potensi wisata di Desa Sekar, Kabupaten Pacitan, kurang dikenal oleh banyak wisatawan meskipun letaknya yang strategis. Berangkat dari hal tersebut, Departemen Teknik Geofisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) petakan potensi wisata desa tersebut menggunakan situs berbasis Geographic Information System (GIS).

Ketua tim riset Departemen Teknik Geofisika ITS ini, Dr Ayi Syaeful Bahri SSi MT, menjelaskan bahwa penggunaan situs berbasis GIS ini bertujuan agar data geospasial dan geografis dari tempat wisata di Desa Sekar dapat diakses dan disebarluaskan melalui jaringan internet. “Situs berbasis GIS ini merupakan pengembangan dari GIS yang memang sudah sering kami gunakan untuk melakukan pemetaan,” ujarnya.

Tampilan untuk penelusuran tempat wisata di Desa Sekar yang sudah dipetakan

Menurutnya, penggunaan GIS pada situs ini akan memberikan beberapa keuntungan bagi penggunanya dalam hal informasi geospasial. Antara lain adalah informasi realtime yang dapat diakses pengguna jika sudah terhubung dengan GPS miliki mereka. “Pada kasus desa wisata, nantinya pengunjung dapat mengestimasi tujuan dan durasi wisata yang ingin dilakukannya melalui situs ini,” ungkap Dosen Teknik Geofisika ITS tersebut.

Salah satu rekomendasi wisata yang terdapat pada situs tersebut dan sudah cukup dikenal masyarakat adalah Gua Luweng Dawung. Penampakan gua vertikal dengan keberadaan sungai bawah permukaan yang memiliki stalakmit dan stalaktit akan memanjakan mata para wisatawan selama berjalan menelusurinya. “Meskipun termasuk wisata alam ekstrem, para wisatawan akan disuguhkan keindahan alam gua karst yang unik,” ujar Syaeful.

Luweng Dawung sebagai salah satu tempat wisata yang ada di Desa Sekar

Diharapkan dengan program pemetaan ini dapat menarik lebih banyak minat wisatawan untuk berkunjung ke desa tersebut. Wisatawan juga dapat mengenal lebih dalam tentang desa tersebut melalui Tradisi Ceprotan yang selalu meriah setiap tahunnya dan Rumah Pawong yang memiliki arsitektur dapur khas. “Lebih lanjut, program ini nantinya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dan melestarikan potensi alam,” ungkapnya. (*)

 

Reporter: Faqih Ulumuddin
Redaktur: Muhammad Miftah Fakhrizal

Berita Terkait