ITS News

Senin, 30 Januari 2023
03 Desember 2022, 20:12

Kunci Memulai Usaha ala Pakar Analis Bisnis

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Konsultan dan senior analis data bisnis, Yudy Yunardy saat menyampaikan materi pada acara Ngambis

Kampus ITS, ITS News — Tak boleh sembarang mengambil langkah, para calon entrepreneur harus memiliki persiapan dan strategi yang matang dalam memulai usahanya. Sebagai konsultan dan senior analis data bisnis, Yudy Yunardy SE MBA membagikan tip-tip sukses berbisnis bagi para pemula. 

Yudi berujar pada Minggu (20/11), walaupun tidak boleh gegabah, pemula tetap harus mempunyai keberanian untuk memulai. Akan tetapi, keberanian saja tidak cukup untuk mengawali langkah berbisnis. Setidaknya akan ada empat realita yang dihadapi para pebisnis pemula. 

Realita yang dimaksud adalah keterbatasan modal, malu atau gengsi, sibuk dengan pekerjaan, dan ketidaktahuan apa yang harus dijual. “Kunci untuk menghadapi hal ini ada dua, yaitu motivasi serta passion,” ungkapnya pada acara Ngambis yang diadakan oleh Badan Semi Otonom (BSO) Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan (Himatekpal), Navalpreneur.

Menurutnya sebuah bisnis yang dijalankan dengan secercah motivasi dan didorong dengan dasar passion akan besar kemungkinannya untuk berjalan dan konsisten. Pasalnya, motivasi yang diperlukan dalam membangun bisnis tidak perlu sesuatu yang besar, contoh kecilnya adalah uang.

Konsultan dan senior analis data bisnis, Yudy Yunardy saat menyampaikan pentingnya keberanian saat memulai bisnis

Langkah selanjutnya yang perlu ditempuh agar dapat menjalankan bisnis adalah memiliki ide dan inspirasi. Terdapat empat langkah yang dapat ditempuh untuk melahirkan sebuah ide dalam berbisnis.

Pertama-tama adalah dengan memperhatikan dan mempelajari apa yang ada di pasaran. Kemudian, mulai pikirkan ide seliar apapun berdasarkan hasil amatan tersebut. “Setelah itu, barulah mulai dipilih ide yang paling unik dan lanjut direalisasikan,” terang analis bisnis perbankan yang telah mengantongi pengalaman selama sembilan tahun ini. (*)

Reporter: Muhammad Fadhil Alfaruqi
Redaktur: Fatima Az Zahra

Berita Terkait