ITS News

Senin, 30 Januari 2023
02 Desember 2022, 13:12

Pulang Bengkel Tutup Rangkaian Lustrum XIII Mesin ITS

Oleh : itsgan | | Source : ITS Online

Kepala Departemen Teknik Mesin, Dr Ir Atok Setyawan MEngSc saat memberikan sambutan di Pulang Bengkel

Kampus ITS, ITS News – Perhelatan Lustrum ke XIII Departemen Teknik Mesin (DTM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah mencapai puncaknya. Lustrum kali ini ditutup dengan adanya berbagai kegiatan Pulang Bengkel yang mengajak alumni DTM ITS. Puncak Lustrum DTM XIII ini diadakan di Taman Mesin DTM pada Minggu (27/11).

Kepala Departemen Teknik Mesin, Dr Ir Atok Setiyawan MEngSc mengungkapkan acara ini merupakan kolaborasi mahasiswa, departemen, alumni, dan para stakeholder lainnya. “Jadi kami tidak sendirian dalam menyelenggarakan acara ini, tetapi kami menekankan adanya kolaborasi bersama,” tegas Atok.

Dosen Departemen Teknik Mesin ini menuturkan pada Pulang Bengkel terhitung terdapat sekitar 270 alumni DTM yang hadir. Para alumni mesin yang hadir pun lengkap dari angkatan pertama di tahun 1957 atau Mesin Satu (M1) hingga Mesin 60 (M60). Namun tidak hanya alumni, tetapi hadir juga dosen-dosen Teknik Mesin ITS yang purna tugas.

Para alumni DTM saat kembali ke DTM setelah gowes keliling ITS

Terlihat para alumni yang hadir di lustrum yang sekaligus menjadi dies natalis mesin ke 65 ini turut aktif menjalani berbagai rangkaian acara Pulang Bengkel. Hal tersebut dibuktikan dengan serentaknya para alumni jalan sehat, gowes, dan sarapan bersama sejak pagi. Bahkan para alumni pun turut menyimak berbagai pengalaman dari angkatan mesin lain di sesi sharing session.

Di waktu yang sama, Pulang Bengkel turut mendukung prestasi – prestasi mahasiswa Teknik Mesin ITS. Oleh karena itu, Pulang Bengkel menyediakan stan pameran yang berisi karya-karya mahasiswa mesin seperti mobil listrik Tim Sapuangin, motor listrik Bangkits Cendrawasih, hingga merchandise dari Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) ITS. “Pameran ini ditujukan untuk berbagi hasil keprofesian dan kewirausahaan mahasiswa mesin ITS kepada alumni,” ujar Atok.

Para alumni Teknik Mesin ITS yang membagikan pengalamannya di sesi sharing session Pulang Bengkel

Tidak hanya itu, Pulang Bengkel juga menjadi wadah peluncuran inovasi mobil listrik karya Teknik Mesin ITS yakni, Multipurpose Electric Vehicle ITS (MEvITS). Mobil listrik tersebut merupakan hasil penelitian DTM sejak awal tahun 2022 yang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan pariwisata dan industri. “MEvITS menjadi kontribusi ITS terutama DTM dalam mendukung net zero emission,” tambah Atok.

Mobil listrik karya Tim Sapu Angin ITS di pameran Pulang Bengkel ITS

Terakhir lustrum yang mengambil tema Excellence by Innovation and Collaboration ini telah dimulai sejak bulan Juli lalu. Sejak itu, Atok menyebut terdapat banyak kegiatan yang menjadi rangkaian acara lustrum mesin ini. Seperti seminar nasional dengan Toyota, Mechanical Competition, Mesin Talks, dan guest lecture. (*)


Reporter: Gandhi Kesuma
Redaktur: Muhammad Miftah Fakhrizal

Berita Terkait