ITS News

Minggu, 05 Februari 2023
02 Desember 2022, 08:12

Melalui SEARING, HIMASEATRANS ITS Ajak Mahasiswa belajar Bisnis

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Performance Marketing dari Jumpstart Indonesia, Dicky Erlangga ST saat memaparkan materinya dalam SEARING 2022

Kampus ITS, ITS News Dalam rangka membekali mahasiswa mengenai dunia bisnis, Departemen Kewirausahaan (KWU), Himpunan Mahasiswa Teknik Transportasi Laut (HIMASEATRANS) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar Seatrans Entrepreneurship Mentoring (SEARING). Acara ini menghadirkan Spesialis Digital Marketing, Dicky Erlangga ST sebagai pemateri. 

Pada pembuka materinya, Dicky Erlangga menjelaskan ada beberapa hal yang harus diperhatikan seorang pengusaha dalam memulai sebuah bisnis, diantaranya adalah mengetahui model pasar. Terdapat dua jenis model pasar dalam dunia bisnis saat ini, yaitu niche dan mass. Yang membedakan keduanya adalah dari segi jangkauan target, pasar mass memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan pasar niche. “Penentuan hal ini bisa menjadi langkah awal mengenai bisnis seperti apa yang ingin dimulai,” tutur alumnus Departemen Teknik Industri ini.

Namun, sebelum ditetapkannya jenis pasar yang ingin diambil, sebaiknya para pengusaha sudah tahu mengenai target pasar yang ingin dituju. Karena, dengan terciptanya target pasar yang jelas, sebuah perusahaan dapat mengetahui cara berinteraksi serta karakteristik yang dimiliki oleh target pasar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi target pasar adalah diadakannya project campaign. “Dari sini pula kita bisa mengetahui target pasar seperti apa yang sangat berpengaruh terhadap produk kita” tutur Dicky.

Penjabaran bisnis oleh salah satu peserta dalam sesi simulasi digital marketing SEARING 2022

Selain model dan target pasar, pemasaran menjadi salah satu yang berperan penting dalam berjalannya sebuah bisnis. Pemasaran selain sebagai media promosi, bisa juga sebagai media informasi kepada pelanggan yang lebih luas. Dicky berpendapat, pemasaran memiliki fokus utama untuk meningkatkan penjualan. “Namun pemasaran yang baik juga harus dapat meningkatkan brand awareness,” tambahnya.

Lebih lanjut, Dicky menjelaskan dalam memulai sebuah bisnis terutama pada era pesatnya kemajuan teknologi seperti saat ini,  seorang pengusaha juga harus menguasai pemasaran digital. Hal inilah yang menjadi modal dan pengaruh besar terhadap kualitas bisnis yang akan dijalankan.Pemasaran digital merupakan pemasaran produk atau sebuah layanan yang menggunakan sarana digital. Menurutnya, hal ini membawa banyak manfaat terhadap kelajuan bisnis, seperti meningkatkan reputasi brand. “Pemasaran digital akan memudahkan kita memilah terkait penargetan pasar dan lebih efektif dalam menjangkau pasar yang lebih luas,“ jelasnya.

Sebagai penutup, Dicky menegaskan bahwa sebagai mahasiswa yang baru mulai merintis sebuah bisnis, diperlukan adanya komitmen yang kuat serta kemauan untuk terus belajar. “Hal ini merupakan tombak utama dari keberlangsungan bisnis yang sedang dijalani,” tutupnya. (*)

 

Reporter : Nayla Maisun Nur Aqila
Redaktur : Shinta Ulwiya 

Berita Terkait