ITS News

Senin, 30 Januari 2023
02 Desember 2022, 11:12

Hangatnya Nostalgia dalam Pulang Bengkel Mesin ITS

Oleh : itsgan | | Source : ITS Online

Cak Jogyo tengah memberikan sambutan dalam acara Pulang Bengkel, Minggu (27/11)

Kampus ITS, ITS News – Bersua kembali dengan teman semasa kuliah menjadi sebuah momen spesial yang tak boleh dilewatkan. Kentalnya kebersamaan dan hangatnya suasana nostalgia tentu akan menjadi bumbu pemanis di dalamnya. Begitulah yang dirasakan oleh segenap alumni Departemen Teknik Mesin (DTM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam balutan acara Pulang Bengkel, Minggu (27/11).

Kepala DTM ITS, Dr Ir Atok Setiyawan MEngSc mengungkapkan, acara Pulang Bengkel ini turut membawa lulusan angkatan pertama, yakni Mesin Satu (M1) hingga M60. “Hal ini ditujukan agar terjadi kolaborasi antara para alumni dengan sivitas akademika DTM itu sendiri,” papar laki-laki yang akrab disapa Atok tersebut.

Untuk meningkatkan euforia nostalgia antar angkatan, acara Pulang Bengkel ini dibuka dengan jalan sehat dan gowes di lingkungan kampus Sukolilo ITS. “Meskipun banyak alumni yang sudah berumur, tetapi semangat mereka masih tetap tinggi dalam memeriahkan acara ini,” ungkapnya.

Usai berkeliling, para alumni melakukan sarapan bersama dengan diiringi alunan musik akustik. Salah satu dosen DTM, Prof Dr Ing Ir Herman Sasongko turut tampil dengan membawakan lagu bertajuk Let It Be karya The Beatles. “Kami berharap konser musik mini ini mampu menghidupkan suasana nostalgia,” terang Atok.

Prof Dr Ing Ir Herman Sasongko saat membawakan lagu Let It Be karya The Beatles

Dalam acara ini, turut hadir Ketua Ikatan Alumni (IKA) ITS Komisariat Jurusan (Komjur) Mesin, Ir Jogyo Susilo ST. Laki-laki yang kerap disapa Cak Jogyo ini menyampaikan, Pulang Bengkel berhasil menjadi satu agenda yang mampu membawa momentum kebersamaan ikatan alumni DTM ITS.

Tak hanya Cak Jogyo, dalam acara ini, turut hadir mantan pengajar DTM ITS sekaligus Direktur Mataram Paint, Dr Ir H Iwan Kusmarwanto. “Dulu, beliau banyak berkontribusi dalam mengajarkan ilmu aerodinamika pada kami (mahasiswa DTM, red),” terang Cak Jogyo.

Tak lengkap rasanya jika acara ini tak diisi dengan agenda sharing session. Untuk itu, beberapa alumni yakni Ir Ananda Soejoso (M1), Ir Sritomo Wignjosoebroto MSc (M9), Lukman Huzaini ST (M11), Prof Kadarisman (M12), serta Prof Dr Ir Abdullah Shahab MSc (M14) turut membagikan kisah sekaligus kesan mereka selama menjadi dosen maupun mahasiswa di DTM ITS.

(dari kiri) Prof Kadarisman dari M12, Lukman Huzaini ST dari M11, Ir Sritomo Wignjosoebroto MSc dari M9, dan Prof Dr Ir Abdullah Shahab MSc dari M14

Menjadi penutup rangkaian acara Lustrum XIII DTM ITS, Pulang Bengkel memang berhasil memberikan suasana dan ‘rasa’ yang berbeda. Menurut Cak Jogyo, Lustrum tahun ini banyak menghadirkan kegiatan yang meriah. Di samping itu, karena lebih menekankan pada kolaborasi, banyak alumni yang antusias mengikuti Lustrum kali ini. “Tercatat sebanyak 270 alumnus Teknik Mesin ITS hadir pada Pulang Bengkel,” tambahnya.

Siang menjelang, dendangan merdu lagu oleh Mesin Music Club (MMC) menjadi penanda berakhirnya acara Pulang Bengkel tahun ini. “Semoga DTM ITS selalu berjaya dan terus berinovasi ke depannya, Vivat Mesin! Uber Alles!,” tandas Cak Jogyo dengan semangat. (*)


Reporter: Gandhi Kesuma
Redaktur: Erchi Ad’ha Loyensya

Berita Terkait