ITS News

Senin, 30 Januari 2023
30 November 2022, 07:11

Menang Telak, Softball ITS Sabet Juara Liga Mahasiswa

Oleh : itsfa | | Source : ITS Online

Tim putri Softball ITS setelah ditetapkan sebagai juara pertama Liga Softball Mahasiswa Jawa Timur 2022

Kampus ITS, ITS News —  kembali di gelar setelah dua tahun vakum. Pertahankan gelar juara yang diraih tahun 2019, tim putri Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Softball Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menang telak dengan skor 9-0 pada Liga Softball Mahasiswa Jawa Timur. Pada penyelenggaraan pertama sejak kegiatan tersebut vakum dua tahun ini, ITS raih gelar juara setelah melawan Universitas Airlangga (Unair) di Lapangan Softball Dharmawangsa, Minggu (6/11).

Tidak hanya menyabet gelar sebagai tim terbaik, tim Softball ITS juga memperoleh penghargaan Most Valuable Person (MVP) dan The Best Pitcher pada permainan di babak final. Kedua gelar tersebut diraih oleh mahasiswa Departemen Desain Produk, Halimatus Sa’diyah Tualeka AC. Final dilakukan sebanyak tujuh babak atau dalam softball disebut inning.

Semangat sudah ditunjukkan tim ITS sejak inning pertama. ITS berhasil mengungguli tim lawan dengan mencetak satu poin yang diraih oleh pelari urutan kedua, Hana Amalia. Pada inning pertama pula, sang pitcher, Halimatus, memberikan lemparan bola yang mampu mengecoh lawan. Alhasil, tiga pemukul Unair secara berturut-turut dilumpuhkan dengan strike out (kondisi ketika pemukul tidak bisa memukul bola dalam tiga kesempatan).

Catrcher, Halimatus Sa’diyah Tualeka AC mendapat penghargaan Most Valuable Person (MVP) dan The Best Pitcher pada permainan di babak final Liga Softball Mahasiswa jawa Timur 2022

Sempat mengalami error di inning dua, ITS mempertegas dominasi pada inning selanjutnya dengan perolehan satu poin oleh pelari ketiga, Nur Aisha Al Zahra Tualeka AC. Tak cukup mengantongi skor 2-0, ITS terus mengamankan jarak dengan membabat habis dua poin berturut-turut pada inning keempat oleh Larasati Asri Kusumawardhani dan Raisha Audrei Kirana.

Semakin siang, ITS nyaris kebobolan poin pada inning kelima. Pasalnya, pelari dari tim lawan berhasil mencapai base tiga dan tinggal selangkah lagi untuk untuk mencetak poin di home. Namun, usaha lawan digagalkan oleh pitcher dan catcher yang mematikan pemukul terakhir Unair dengan strike out.

Pemukul ITS berlagak dalam Liga Softball Mahasiswa Jawa Timur 2022

Memasuki inning terakhir, ITS semakin membara dengan memanen lima poin sekaligus. Hal ini dimulai dengan lolosnya pemukul kesembilan, Jasmine Bintang, disertai lawan yang tidak berhasil menangkap bola hasil pukulan (error). Tertekan dengan suasana yang kian memanas, Unair kembali melakukan error sehingga meloloskan Jasmine dan Laras mencetak poin 6-0 untuk ITS.

Pada inning yang sama, Hana menyusul home dan mencetak poin untuk kedua kalinya. Disertai teriakan semangat dari penonton dan anggota tim, ITS lagi-lagi mencuri dua poin sekaligus yang diraih oleh Nur Aisha  dan Shanti Apriani Rija. Inning tujuh yang membara dimenangkan ITS secara dramatis. Pasalnya, pelari terakhir lawan yang nyaris memperoleh poin berhasil dimatikan karena bola berhasil ditangkap lebih dulu oleh shortstop ITS (posisi jaga dekat base tiga).

Tim putri Softball ITS saat melantangkan yel-yel setelah memenangkan Liga Softball Mahasiswa Jawa Timur 2022

Selain tim putri yang berhasil menempati posisi pertama, tim putra softball ITS juga menduduki posisi keempat. UKM yang terkenal dengan nama Civitas Unit Kegiatan Sotfball (CUKS) Stingray ini mengaku bangga dan berharap bisa terus mengembangkan kemampuan untuk mencetak prestasi. ”ITS CUKS, Jaya!” serempak mereka saat menggaungkan yel-yel dengan lantang. (*)

Reporter: Difa Khoirunisa
Redaktur: Fatih Izzah

Berita Terkait