ITS News

Sabtu, 20 April 2024
29 November 2022, 22:11

Ragam Tim ITS Warnai Pameran KKCTBN 2022

Oleh : itsric | | Source : ITS Online

Tim Metic ITS yang terdiri dari mahasiswa dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS turut berpartisipasi dengan prototipe kapal mereka, KRI Barramundi

Surabaya, ITS News — Beragam tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mewarnai pameran Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2022. Selain pameran, tim-tim ini juga berkompetisi dalam lomba Desain Inovasi Augmented Reality Kapal Militer dan lomba Pembuatan dan Performa Prototype Kapal Militer.

Wakil Ketua tim Metic ITS Adiva Pranaya menjelaskan, timnya yang berisikan mahasiswa  dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS ini membawa prototipe kapal High Speed Surface Vehicle (HSSV) Catamaran bernama KRI Barramundi. “Ajang ini menjadi kesempatan bagi kami untuk berbagi pengetahuan kepada masyarakat umum yang hadir sekaligus bertukar ilmu dengan  tim-tim lain,” jelasnya dalam pameran di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, 12 November lalu. 

Adiva menjabarkan, KRI Barramundi dapat melaju hingga kecepatan 1,5 meter per detik. Selain itu, kapal sepanjang 85 sentimeter ini tersusun atas material fiberglass pada bagian lambung dari kapal. “Kami memilih material ini karena sifatnya yang cukup kuat untuk digunakan dalam perlombaan dan memiliki harga yang relatif murah,” tambahnya.

Anggota tim Arkana ITS bersama kapal Arkana 001 di UPN Veteran Jawa Timur, Surabaya sebelum proses penjurian kategori HSSV Catamaran dengan daya Electronic Remote Control berlangsung

Di sisi lain, anggota tim Arkana ITS, Muhammad Rayhan Nalayudha menjelaskan bahwa kapal miliknya menerapkan struktur lambung deep V shape dan anti-slamming bulbous bow. Kedua inovasi ini memungkinkan kapal melaju dengan lebih optimal. “Kapal jadi dapat melaju dengan mulus di kecepatan tinggi serta mengurangi hambatan kapal selama beroperasi,” jelasnya. 

Tidak hanya itu, tim bimbingan DrEng Yuda Apri Hermawan ST MT ini juga memasang sistem misil untuk memenuhi prasyarat lomba. Beberapa komponen penyusun sistem ini di antaranya ialah stun gun, tiga buah servo, dan spuit. “Pelontar misil ini dapat bergerak pada sumbu vertikal dan horizontal dengan menembakkan proyektil yang dapat dikendalikan lewat controller,” bubuhnya.

Plt Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek RI Prof Tjitjik Sri Tjahjandarie dan Rektor UPN Veteran Jawa Timur ketika mengunjungi booth tim Nawasena ITS

Di sisi lain, Ketua tim Nawasena ITS, Ipung Nur Wahyu Fadholi mengungkapkan bahwa timnya turut menyiapkan poster serta miniatur dari tiap desain kapal yang ada. Lewat hal tersebut, pengunjung dapat memvisualisasikan kapal dan mengetahui konsep dasar kapal yang dibuat. “Banner dibuat semenarik dan semudah mungkin untuk dinikmati dan dibaca oleh masyarakat umum,” jelas mahasiswa Departemen Teknik Sistem perkapalan ITS ini.

Ipung menambahkan, infografis miliknya turut menyertakan tautan yang memungkinkan pengunjung memiliki langsung aplikasi Augmented Reality (AR) miliknya. Selain menjadi salah satu aspek penilaian, aplikasi ini memungkinkan para pengunjung booth dapat melihat kapal secara interaktif. “AR ini memungkinkan pengunjung untuk melihat eksterior kapal, deskripsi kapal dan menjelajah isi kapal dalam genggaman,” tambahnya.

Tim Banyubramanta ITS turut memamerkan hasil karyanya pada hari ke dua pameran KKCTBN 2022 di UPN Veteran Jawa Timur, 12 November lalu.

Selain tiga tim di atas, ada beberapa tim lain dari ITS yang berkompetisi dan mewarnai gelaran tahunan ini. Di antaranya adalah pada lomba Pembuatan dan Performa Prototype Kapal Militer terdapat Barunastra ITS, Hydrone ITS, Barunastra ITS, Arkana ITS, Metic ITS, DNA Hydro Modelling ITS. Selain itu, dalam lomba Desain Inovasi Augmented Reality Kapal Militer, ITS menurunkan tim Banyubramanta ITS, Nawasena ITS, DNA Pandawa ITS, dan Hydrone ITS. (*)

 

Reporter: Ricardo Hokky Wibisono
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait