ITS News

Sabtu, 26 November 2022
25 November 2022, 08:11

MyITS Software Bekali Mahasiswa dengan Perangkat Lunak Berlisensi

Oleh : itsfa | | Source : ITS Online

Tampilan laman pilihan perangkat lunak yang tersedia di myITS Software Hub

Kampus ITS, ITS News — Sebagai perguruan tinggi yang menjunjung era teknologi modern, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyadari pentingnya sarana belajar digital bagi mahasiswa. Untuk itu, Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI) ITS meluncurkan myITS Software Hub yang memungkinkan civitas akademik mengunduh sejumlah perangkat lunak berlisensi secara gratis.

Supervisor Pengolahan Data Sistem Informasi, Ernis Desna Pratami, menjelaskan bahwa myITS Software Hub adalah pengembangan dari platform unduh.its.ac.id. Layanan pemasangan perangkat lunak yang dulu terpisah server tersebut kini sudah dapat diakses melalui satu pintu, yaitu myITS Single Sign On (SSO). “Mahasiswa, dosen, pegawai tetap, dan tendik dapat memanfaatkan layanan ini selama akun myITS-nya masih aktif,” ujar Ernis.

Sejumlah perangkat lunak yang tersedia antara lain: Microsoft 365 yang mampu mendukung produktivitas kegiatan kantoran, Adobe yang memfasilitasi kreativitas video, animasi, grafis, dan pengembangan website. Selain itu terdapat Matlab sebagai alat bantu pemrograman berbasis matriks, Mathematica sebagai program yang membantu komputasi teknis, Labview yang membantu pemrograman berbasis grafis, serta Minitab yang dirancang untuk pengolahan statistik.

Tampilan kategori ‘Layanan’ dan menu ‘myITS Software Hub’ pada myITS Single Sign On (SSO)

Untuk mendapatkan perangkat lunak tersebut, imbuh Ernis, pengunduh harus masuk ke akun myITS SSO dan menggulir laman web sampai muncul kategori ‘Layanan’. Kemudian pengunduh dapat mengklik pilihan ‘myITS Software Hub’ dan laman akan langsung diarahkan menuju laman pilihan perangkat lunak. Masing-masing perangkat lunak memiliki panduan pengunduhannya sendiri sehingga proses penginstalan dapat dilanjutkan sesuai petunjuk yang tertera. 

Perempuan yang bekerja di bawah SubDirektorat Layanan Teknologi dan Sistem Informasi ini kemudian menginformasikan beberapa kondisi yang perlu diperhatikan. Pertama, Minitab beroperasi menggunakan server lokal sehingga hanya dapat diakses di kawasan ITS. Apabila di luar jangkauan layanan, mahasiswa harus mengakses Minitab menggunakan Virtual Private Network (VPN) yang dapat diakses melalui myITS SSO.

Tampilan laman pengunduhan salah satu perangkat lunak yang tersedia di myITS Software Hub, Adobe

Selain itu, ditemukan sejumlah mahasiswa yang tidak menerima email verifikasi ketika mengaktifkan Matlab. Untuk itu, Ernis menekankan bahwa ITS sudah bermigrasi dari gmail ke Outlook sehingga email akan muncul di Outlook. Namun, apabila tetap tidak ada email yang masuk, kemungkinan besar domain email ditolak sistem. “Domain @mhs.its.ac.id, @mahasiswa.integra.its.ac.id, dan @student.its.ac.id biasanya terkendala sehingga akan kami ganti sesuai laporan keluhan,” terangnya. 

Diakui Ernis, myITS Software masih memiliki beberapa kendala. Contohnya, dalam waktu dekat ini Labview belum bisa diunduh karena gangguan pada tautan unduhnya. Selain itu, untuk jumlah lisensi perangkat lunak Adobe saat ini sudah penuh karena tingginya antusias mahasiswa. “Tahun depan kami targetkan adanya pengaturan ulang yang sedang dirancang saat ini,” ujar Ernis.

Perempuan yang juga lulusan ITS ini menyatakan apabila ada kendala, DPTSI sangat menyarankan untuk segera melapor melalui Service Desk ITS atau langsung ke kantor DPTSI di Gedung Pusat Riset Lantai 4. Ia berharap, dengan umpan balik pengguna, myITS Software Hub bisa terus berkembang demi memenuhi kebutuhan civitas akademik. “Mari manfaatkan fasilitas yang diberikan ITS dan junjung tinggi etika kampus dengan perangkat lunak berlisensi,” pungkas Ernis. (*)

 

Reporter: Difa Khoirunisa
Redaktur: Shinta Ulwiya

Berita Terkait