ITS News

Sabtu, 03 Desember 2022
20 November 2022, 11:11

Gaungkan Semangat Internasionalisasi, HIMASIKA Gelar Webinar

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Khoolish Eldinar Murfid ketika menyampaikan materi program internasionalisasi, Sabtu (12/11)

Kampus ITS, ITS News – Dilatarbelakangi semangat internasionalisasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMASIKA) menggelar webinar bertajuk Meet Internasionalisasi. Kegiatan yang dikemas secara daring ini bertujuan memperkenalkan program internasionalisasi kepada mahasiswa ITS, khususnya Departemen Fisika.

Menghadirkan alumni yang berpengalaman, kegiatan yang digelar Sabtu (12/11) lalu ini menjadi salah satu langkah konkret HIMASIKA dalam menyukseskan program internasionalisasi. Dengan antusias, pembicara menyampaikan materi mengenai manfaat program internasionalisasi guna membakar motivasi peserta webinar dalam mengikuti program yang tengah digalakkan ITS tersebut.

Sebagai salah satu pemateri, Khoolish Eldinar Murfid menyampaikan pentingnya kegiatan internasionalisasi bagi universitas. “Program internasionalisasi memiliki pengaruh yang besar terhadap wajah suatu perguruan tinggi di kancah dunia,” papar laki-laki yang akrab disapa Eldin tersebut.

Tak hanya itu, laki-laki yang pernah meraih juara ketiga kompetisi Asia Technological University Network (ATU-Net) Hackathon ini juga menuturkan bahwa program internasionalisasi merupakan hal yang krusial bagi mahasiswa. Pasalnya, program ini dapat menambah relasi bagi mahasiswa itu sendiri. “Selain itu, program ini juga dapat memperkaya pengalaman pesertanya,” tuturnya.

Eldin ketika menjawab pertanyaan mengenai manfaat internasionalisasi pada sesi tanya jawab

Lebih lanjut, Eldin juga mengungkapkan pengalamannya ketika mengikuti program internasionalisasi. Menurutnya, kegiatan ini dapat melatih kemampuan komunikasi dengan orang yang memiliki latar belakang berbeda. “Dengan begitu, kemampuan komunikasi peserta akan semakin terasah,” ujarnya.

Menurut mahasiswa Departemen Fisika angkatan 2019 tersebut, cara menumbuhkan motivasi dapat dimulai dengan menyamakan tujuan dengan hasil yang didapatkan pada program internasionalisasi. Alhasil, kita akan memiliki semangat untuk lebih berkembang dalam program tersebut.

Tak hanya itu, Eldin juga menambahkan bahwa program ini bisa dimasukkan dalam Satuan Kredit Ekstrakulikuler Mahasiswa (SKEM). Hal ini tentu dapat dijadikan salah satu motivasi mahasiswa ketika hendak mengikuti program internasionalisasi.

Di penghujung sesi materi, Eldin turut menyampaikan harapannya untuk program internasionalisasi. “Ke depan, saya berharap program internasionalisasi semakin berkembang dan mampu memajukan Kampus Pahlawan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Mohammad Febryan Khamim
Redaktur: Erchi Ad’ha Loyensya

Berita Terkait