ITS News

Kamis, 18 April 2024
18 November 2022, 19:11

HIMABITS Bersama RSUD Dr Soetomo Bangun Kepedulian Lewat Donor Darah

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Potret para petugas dari Instalasi Transfusi Darah (ITD) Dr Soetomo sebelum mengemban tugasnya

Kampus ITS, ITS News — Tanamkan kepedulian masyarakat mengenai pentingnya donor darah, Himpunan Mahasiswa Biologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (HIMABITS) bersama dengan Instalasi Transfusi Darah (ITD) RSUD Dr Soetomo kembali sukses gelar acara BITS Donor Darah, Minggu (13/11) di ruang Smart Classroom Departemen Biologi ITS.

Ketua pelaksana kegiatan ini, Nilam Cahyatul Jannah mengungkapkan bahwa berangkat dari fakta dimana tingkat kebutuhan darah di Indonesia sangat tinggi dan kurangnya kepedulian masyarakat akan donor darah, menyebabkan kurangnya pasokan transfusi darah di Indonesia. “Jadi kegiatan ini bertujuan agar masyarakat dapat lebih aware terhadap kebutuhan darah dan semakin peduli terhadap sesama” ungkap mahasiswi angkatan 2020 tersebut.

Mengusung tema Give Blood & Keep The World Beating, kegiatan ini diharapkan dapat membantu mendukung kampanye Hari Donor Darah Sedunia. Dalam kegiatan ini, terhitung sejumlah 64 pendonor yang berasal dari berbagai macam latar belakang telah memberikan kontribusi dan kebermanfaatannya bagi sekitar. “Harapanku sih semoga di tahun depan kita bisa mendapat lebih banyak pendonor dan cakupannya tidak hanya dari civitas akademika saja,” tambah Nilam.

Salah satu peserta donor darah saat membagikan posenya

Lebih lanjut, Koordinator Pelayanan ITD RSUD Dr Soetomo, Rosa Rosdiana Amd menuturkan, saat ini angka kebutuhan darah untuk pasien di RSUD Dr Soetomo setiap bulannya adalah 10.000 kantong. Di sisi lain, ia mengungkapkan bahwa pihaknya sendiri biasanya hanya mendapatkan sekitar 4000-5000 kantong per bulan. “Dengan adanya kolaborasi ini,kami merasa sangat terbantu,” tuturnya.

Tak hanya itu, Rosa menambahkan bahwa melalui kegiatan donor darah ini juga dapat meningkatkan rasa sosial kepada anak-anak muda.  Ia mengaku bangga melihat kepedulian mahasiswa ITS untuk melakukan donor darah. Ia berharap bahwa kegiatan serupa juga dapat dilaksanakan di departemen lainnya. (*)

 

Reporter: Mifda Khoirotul Azma
Redaktur: Fatih Izzah

Berita Terkait