ITS News

Jumat, 02 Desember 2022
15 November 2022, 09:11

ITS Rangkul Siswa Internasional Melalui ILITS Worldwide

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Peserta Ini Lho ITS! (ILITS) Worldwide yang merupakan siswa Indonesia dari berbagai negara, Minggu (13/11)

Kampus ITS, ITS News – Memperkenalkan kampus kepada siswa SMA/SMK sederajat, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali gelar Ini Lho ITS! (ILITS). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, rangkaian ILITS tahun ini dibuka dengan ILITS Worldwide yang diikuti oleh siswa Indonesia dari segala penjuru dunia, Minggu (13/11).

Menjadi penanda digaungkannya nama ITS ke kancah internasional, Ketua Pelaksana ILITS 2023, Bima Surya Samudra mengungkapkan bahwa ILITS Worldwide dicetuskan karena banyak siswa Indonesia di luar negeri yang berminat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tanah air namun masih kekurangan informasi. “Kami ingin memberikan sosialisasi sehingga mereka (siswa Indonesia di luar negeri, red) mengetahui bagaimana cara berkuliah di Indonesia,” imbuhnya.

Tercatat, terdapat delapan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) yang turut berpartisipasi. Diantaranya adalah Sekolah Indonesia Riyadh (Arab Saudi), Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (Malaysia), Sekolah Republik Indonesia Tokyo (Jepang), Sekolah Indonesia Bangkok (Thailand), Sekolah Indonesia Davao (Filipina), Sekolah Indonesia Den Haag (Belanda), Sekolah Indonesia Makkah (Arab Saudi), dan Sekolah Indonesia Jeddah (Arab Saudi).

Pemaparan materi pengenalan ITS oleh Duta kampus ITS dalam subkegiatan Get To Know ITS

Diselenggarakan secara virtual, ILITS Worldwide dibagi menjadi beberapa subkegiatan. Subkegiatan pertama, The Attractive Surabaya memperkenalkan peserta kepada Kota Surabaya yang menjadi lokasi kampus. Melalui kegiatan ini, peserta diberi kesempatan untuk mengetahui lebih lanjut akomodasi, keadaan lingkungan, dan aksesibilitas kampus ITS dengan lokasi lain di Surabaya.

Setelah menyelami Kota Surabaya, para peserta diajak untuk mengenal ITS melalui Get To Know ITS yang dipaparkan oleh Duta Kampus ITS, Firdaus Wahyu Gama Ashaari dan M Khoirodin Afif. Peserta mendapat informasi mulai dari sejarah, peringkat, prestasi, fasilitas, hingga program pendidikan yang ada di Kampus Perjuangan tersebut. Tak hanya itu, peserta juga diberikan kesempatan menggali informasi dari setiap fakultas yang ada di ITS melalui Faculty Visit.

Melalui kegiatan yang menjadi pembuka dari rangkaian besar ILITS ini, Bima turut berharap ITS dapat bersinergi dengan SILN demi terbukanya peluang kolaborasi yang lebih luas di masa mendatang. “Agar koneksi ITS dengan berbagai satuan pendidikan di berbagai belahan dunia makin kuat,” tegas mahasiswa Departemen Manajemen Bisnis tersebut mengakhiri. (*)

 

Reporter : Aghnia Tias Salsabila
Redaktur : Raisa Zahra Fadila

Berita Terkait