ITS News

Jumat, 09 Desember 2022
05 November 2022, 21:11

ITS Bersama IKOMA Siap Dukung Perjuangan Mahasiswa

Oleh : itsbim | | Source : ITS Online

Ketiga organ ITS beserta jajarannya berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne ITS bersama para orang tua mahasiswa baru ITS 2022

Kampus ITS, ITS News – Tak hanya fokus kepada pengembangan institusi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga peduli terhadap cita-cita orang tua mahasiswa terutama mahasiswa baru (maba). Meyakinkan hal tersebut, Ikatan Orang Tua Mahasiswa (IKOMA) ITS gelar pertemuan dengan orang tua maba untuk bahas fasilitas dan program yang ada di ITS. Acara yang dihadiri oleh lebih dari 1.000 orang tua ini dilaksanakan di Grha Sepuluh Nopember ITS, Sabtu (5/11).

Menyambut para orang tua maba, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng memaparkan bahwa terdapat 1,5 juta siswa yang berjuang untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN). Namun data menunjukkan hanya 458 ribu siswa yang berhasil lolos seleksi PTN. “Bapak dan ibu di sini harus bangga bahwa putra dan putrinya bisa masuk ke salah satu kampus negeri ternama di Indonesia,” ujarnya.

Kemudian, Kepala IKOMA ITS Dr Ir Wahid Wahyudi MT menjelaskan, IKOMA hadir sebagai wadah yang disediakan oleh ITS untuk memberi dukungan penuh kepada kegiatan para mahasiswa ITS, baik secara akademik maupun non akademik. Tak hanya itu, dukungan tersebut tidak hanya diberikan pada saat masih periode maba saja, namun hingga masa kelulusannya berkuliah di ITS. “Kami menunjang segala kegiatan di ITS, mulai dari kejuaraan, olimpiade, riset, dan berbagai kegiatan lainnya,” terangnya.

Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng sedang menyampaikan sambutan hangat kepada para orang tua maba

Tak hanya IKOMA, Direktur Kemitraan Global (DKG) ITS Assoc Prof Dr Maria Anityasari ST MEng PhD memaparkan berbagai program dari DKG yang dapat menunjang kegiatan para mahasiswa, khususnya di bidang internasionalisasi. Mulai dari program short course, pertukaran pelajar, dan berbagai kegiatan kegiatan lainnya. “Kegiatan ini kami dukung juga demi menyebarluaskan nama ITS ke berbagai manca negara,” laung Maria secara konkrit.

Dalam rangka memperhatikan proses pembelajaran putra-putri para orang tua maba dengan mudah, ITS melalui Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI) pun menyediakan fasilitas layanan aplikasi sistem integritas yang bertajuk myITS Wali. Melalui fasilitas tersebut, orang tua memiliki kemudahan untuk mengakses informasi terkait kalender akademik, kemajuan studi mahasiswa, jadwal kuliah, hingga profil mahasiswa.

Dr Ir Wahid Wahyudi MT memberikan pemaparan terkait peran IKOMA kepada para orang tua mahasiswa baru 2022

Tidak hanya kompetensi mahasiswa, ITS pun memberikan pendidikan karakter kepada para mahasiswanya guna membentuk pribadi yang unggul dan beradab. Hal ini selaras dengan visi yang dimiliki oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITS Prof Dr Ir KH Mohammad Nuh DEA, dimana ITS menjadi salah satu wadah untuk membangun karakter baik para mahasiswanya. “Hal ini harus ITS terapkan supaya nantinya mahasiswa lulus dengan akhlak yang mulia dan cerdas,” tuturnya.

Dengan beragamnya fasilitas dari ITS untuk mendukung para mahasiswanya, Wahid berharap kepada para seluruh wali mahasiswa untuk terus mendukung sepenuhnya kepada seluruh organ yang ada di ITS. Karena dengan adanya organ tersebut, mutu pendidikan ITS dapat terjamin dengan baik. “Sistem Pendidikan Nasional menjelaskan bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama. Maka, mari kita bersama-sama mendukung kemajuan almamater kita bersama,” pungkasnya memotivasi. (*)

 

Reporter: Bima Surya Samudra
Redaktur: Muhammad Miftah Fakhrizal

Berita Terkait