ITS News

Rabu, 07 Desember 2022
04 November 2022, 16:11

Menelisik Penggunaan Spot Ikonik ITS, Lingkar Perpustakaan

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Lingkar Perpustakaan (Lingpus) yang menjadi salah satu lokasi sentral di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Kampus ITS, ITS News – Lingkar perpustakaan (Lingpus) menjadi salah satu spot penting di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Berlokasi di sebelah barat perpustakaan, selasar ini memiliki fungsi yang beragam seiring dengan kebutuhan mahasiswa.

Kepala Bagian Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Yudi Wiharyani, mengungkapkan bahwa penggunaan Lingpus dapat menunjang aktivitas mahasiswa dalam penyediaan ruang terbuka. “Lingpus ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk mencari inspirasi bagi mahasiswa Departemen Arsitektur atau mahasiswa yang gemar dalam bidang desain,” jelas Yudi.

Tak hanya untuk kegiatan akademik, Lingpus seringkali dimanfaatkan untuk kegiatan non akademik seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun kegiatan lainnya. Seperti halnya kegiatan International Observe on the Moon Night (InOMN) oleh ITS Astronomy Club yang menggunakan tanah lapang sekitar Lingpus sebagai tempat pengamatan fenomena bulan. 

Tingginya intensitas mahasiswa, baik dalam hal mobilisasi maupun berkegiatan di Lingpus membuat lokasi tersebut menjadi spot yang pas untuk melakukan promosi maupun kampanye. Salah satu kegiatan student chapter, Society of Renewable Energy (SRE) ITS juga pernah memanfaatkan selasar Lingpus sebagai lokasi kampanye mereka dalam rangka open recruitment volunter Future Energy Summit (Futurest) 2023.

Ruang terbuka hijau serta bangku yang tersedia di area Lingpus

Yudi turut menceritakan bahwa sebelum dimanfaatkan sebagai tempat mahasiswa berkumpul dan mengerjakan tugas, Lingpus hanya berfungsi sebagai jalan penghubung. Lama kelamaan, usai melihat tingginya frekuensi kegiatan mahasiswa di sekitar lokasi, jalan tersebut dibangun menjadi selasar dan diberi bangku. Alhasil, tempat itu menjadi salah satu spot favorit yang memiliki nilai guna seperti yang ada saat ini. 

Dalam melakukan pengelolaan serta perawatan, Yudi mengatakan bahwa ITS selalu melakukan pengontrolan secara masif terhadap Lingpus. Menurutnya, sejak dulu hingga kini, tak ada perbedaan dalam tata kelola perawatan Lingpus. “Kami selalu melakukan perawatan secara berkala demi kenyamanan mahasiswa,” ucap Yudi.

Interior selasar Lingpus yang menghubungkan berbagai lokasi penting di ITS

Salah satu mahasiswi Departemen Matematika yang berhasil diwawancara tim ITS Online, Citra Nikita Haliyati mengungkapkan bahwa ia merasa nyaman dengan fasilitas dan suasana sejuk di area Lingpus. Tak hanya itu, bagi Citra, keberadaan WiFi serta sumber listrik sangat menunjang kegiatan belajar dan akademis mahasiswa. 

Citra melanjutkan, hal yang membedakan Lingpus dengan spot lain adalah lokasinya yang strategis, di mana selasar menjadi penghubung antara plaza dr. Angka, rektorat, dan perpustakaan. “Jarak antara Lingpus dengan tempat-tempa lain relatif dekat, sehingga tidak banyak menghabiskan waktu di perjalanan,” ujarnya menambahkan.

Lingkar perpustakaan ITS tak ayal menjadi salah satu jantung kegiatan mahasiswa ITS. Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, selasar tersebut mampu menunjang kegiatan mahasiswa sesuai dengan kebutuhan. Penggunaannya yang multifungsi serta lokasi yang strategis membuat Lingpus salah satu spot yang tiada duanya. (*)

 

Reporter: ion2
Redaktur: Erchi Ad’ha Loyensya

Berita Terkait