ITS News

Jumat, 09 Desember 2022
02 November 2022, 06:11

Kenalkan Cara Membuat Karya Tulis Ilmiah

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Adristi Nur Camila (kiri) bersama moderator saat menjawab pertanyaan dari peserta

Kampus ITS, ITS News — Membuat karya tulis ilmiah merupakan hasil pemikiran dari si penulis dan mampu diuji kebenarannya secara ilmiah. Menurut mahasiswa program magister Universitas Brawijaya, Adristi Nur Camila, menghasilkan karya tulis ilmiah memerlukan penulis yang berpikir secara ilmiah. 

Adristi menjelaskan, cara berpikir ilmiah ini berarti berpikir secara sistematis berdasarkan data dan fakta. “Selain itu, dapat juga berdasarkan dugaan yang dapat dibuktikan kebenarannya,” ujarnya dalam Seminar Keilmiahan Teknik Infrastruktur Sipil ITS, Minggu (30/10).

Selain itu, menurutnya, sebuah karya tulis ilmiah harus bersifat kreatif, objektif serta logis. Pada umumnya, isi dari karya tulis ilmiah berupa kajian pustaka yang bersumber dari referensi ilmiah atau riset pribadi yang selaras dengan bidang ilmu penulis. “Topiknya pun cenderung dari isu-isu yang sedang hangat,” sambungnya.

Strategi menulis karya tulis ilmiah ala Adristi

Lebih lanjut, perempuan asal Malang ini membagikan bahwa dalam membuat karya tulis ilmiah perlu menguatkan gagasan. Hal ini dapat dimulai dengan mengenal kondisi riset, pemaparan inovasi dan pembaharuan serta keunggulan. “Juga menguatkan bagian inti dengan memaparkan hasil literatur, masalah utama, penyelesaian masalah, dan penelitian lanjutan,” lanjutnya.

Selain itu, ia mengakui jika saat ini wadah menulis semakin beragam dan terbuka luas. Akan tetapi, masing-masing media memiliki struktur dan gaya penulisan yang berbeda-beda, sehingga harus dapat menyimpulkan inti dari literatur yang digunakan dan apa yang akan dibawa menjadi sebuah inovasi.

Terakhir, ia menekankan untuk giat mencari informasi lomba, mengikuti seminar, memperbanyak bacaan, membiasakan berpikir positif, dan percaya diri. “Kepercayaan diri ini hal paling utama yang harus ditanamkan,” pungkas Adristi. (*)

Reporter: ion6
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait